oleh

Jumat, Gubernur Murad Lantik Dua Bupati-Wabup Terpilih di Maluku

Ambon, Fajarmanado.com – Dua pasangan bupati dan wakil bupati (Wabup) terpilih pada Pilkada serentak 9 Desember 2020 di Provinsi Maluku dipastikan dilantik pada Jumat, 26 Februari 2021.

Dua pasangan bupati dan wabup terpilih yang segera dilantik tersebut, adalah Johan Gonga dan Muin Sogalrey sebagai Bupati/Wabup Kabupaten Kepulauan Aru, dan Abdul Mukti Keliobas dan Idris Rumalutur sebagai Bupati/Wabup Kabupaten SBT.

Sesuai arahan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tito Karnavian, agenda pengambilan sumpah janji dan pelantikan Bupati/Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Aru dan Seram Bagian Timur (SBT), masa jabatan 2021 – 2026 dilakukan oleh Gubernur Maluku Murad Ismail atas nama Mendagri.

“Pelantikan dilaksanakan secara serentak, Jumat 26/2/2021, pukul 16.00 WIT menggunakan metode Daring dan Luring,” kata Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Maluku, Dominggus Nicodemus Kaya kepada wartawan di Ambon, Rabu (24/2/2021).

Kaya mengatakan, perlu menjadi perhatian semua pihak, bahwa seluruh rangkaian acara pelantikan memperhatikan penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) secara ketat.

Baca Juga :  Bangun Jembatan, Satgas TMMD Panggul Material

Karena itu, lanjut dia, peserta yang menghadiri pelantikan secara langsung sangat dibatasi dan diseleksi petugas dengan aturan Prokes Covid-19 maupun protokoler yang berlaku.

Dia menjelaskan, agenda pelantikan secara Luring (Luar jaringan) berlangsung di lantai 7 Kantor Gubernur Maluku, dengan menerapkan Prokes secara ketat dan pengaturan peserta dari kabupaten masing-masing diutamakan kepada pihak yang terlibat langsung dengan agenda pelantikan saja.

“Sedangkan Forkopimda, anggota DPRD, pimpinan OPD, partai pendukung, tim sukses dan yang lainnya di lingkup kabupaten, diharapkan dapat mengikuti secara Daring (Dalam jaringan) melalui aplikasi zoom meeting dan live streaming (YouTube) Pemda Provinsi Maluku yang akan dibagikan,” jelas Kaya.

Setelah agenda pelantikan Bupati/Wakil Bupati, Kaya bilang, akan dilanjutkan dengan pelantikan ketua TP-PKK Kabupaten dan Ketua Dekranasda Kabupaten oleh Ibu Widya Pratiwi selaku Ketua TP-PKK Provinsi dan Ketua Dekranasda Provinsi.

Untuk diketahui, KPU Kabupaten Kepulauan Aru sebelumnya telah menetapkan pasa­ngan Johan Gonga dan Muin Sogalrey seba­gai Bupati dan Wakil Bupati terpilih periode 2020-2025.

Baca Juga :  Danrem Arnold Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat 24 Personil Korem 151/Binaiya

Penetapan tersebut dalam rapat pleno terbuka yang berlangsung di Gedung Kesenian Sita Kena Dobo, Senin (22/2/2021).

Rapat pleno dipimpin Ketua KPU Aru, Mustafa Darakay, didamping empat anggota dan sekretaris KPU Aru, Agustinus Ru­hulessin.

Di Kabupaten SBT, KPU resmi menetapkan Paslon Bupati Abdul Mukti Keliobas dan Wakil Bupati Idris Rumalutur sebagai Bupati dan Wakil Bupati SBT Periode 2020-2025. Penetapan dilakukan dalam ra­pat pleno terbuka yang berlang­sung di kantor KPU SBT, Senin (22/2).

Rapat yang dipimpin Ketua KPU SBT Kisman Kelian dihadiri Komisioner KPU Taip Wansi, Amnun Naqib, Hader Boften, dan Hidayat Kelilauw, Ketua Bawaslu Provinsi Tuty Usman, Ketua Bawaslu SBT Supardjo Rustam Rumakamar beserta anggota, Calon Wakil Bupati Idris Rumalutur, dan partai pendukung Paslon ADIL.

Penulis: Katie Mailoa

 

News Feed