Kota Tomohon Genap 18 Tahun, Djemmy Sundah Pimpin Paripurna DPRD

Tomohon, Fajarmanado.com – Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara genap berusia 18 tahun pada 27 Januari 2021. Untuk itu, DPRD Tomohon menggelar Rapat Paripurna di Ruang Sidang Kantor DPRD, Kota Tomohon, Rabu (27/1/2021).

Ketua DPRD Djemmy J Sundah, SE didampingi Wakil Ketua Drs. Johny Runtuwene dan Wakil Ketua Erens D Kereh, AMKL serta Sekretaris DPRD F.F Lantang, S.STP memimpin langsung jalannya sidang.

Rapat Paripurna DPRD Kota Tomohon Dalam Rangka Hari Jadi Kota Tomohon Yang ke-18 Tahun 2021 tersebut diikuti dengan terjemahan dalam Bahasa Tombulu.

Ketua DPRD saat memimpin sidang mengatakan, peringatan hari jadi kota tomohon ke 18 kali ini harus kita lakukan ditengah pandemi covid 19.

“Semoga kita semua diberikan kesehatan, kekuatan, dan semangat agar bisa melalui masa sulit ini,” kata Djemmy.

Krisis bencana non alam covid 19 ini, telah memakan begitu banyak nyawa. Krisis yang menjadi tantangan luar biasa bagi negara dan seluruh dunia, bahkan bagi daerah, termasuk Kota Tomohon.

Meski demikian, menurut Djemmy, krisis ini mendapatkan banyak sekali hikmah dan pembelajaran yang bisa diterapkan saat ini dan setelahnya.

“Untuk pertama kalinya, kita bekerja dari rumah, beribadah dari rumah bahkan belajar dari rumah, kita menggunakan tools atau perangkat baru, dan menyadari bahwa sebenarnya pekerjaan kita bisa kita lakukan di manapun,” ujarnya.

Pada momen Hari Jadi Kota Tomohon di tengah pandemi Covid 19 tetap dilaksanakan sebagai bentuk ungkapan syukur atas dinamika perjalanan pembangunan sejak terbentuknya Kota Tomohon pada 18 lalu hingga saat ini.

“Pada momentum ini, izinkanlah saya atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Tomohon mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para pejuang, perintis dan pendiri Kota Tomohon, yang telah memberikan kontribusi nyata dalam pencapaian kemajuan pembangunan di kota tomohon hingga seperti saat ini,” ujarnya.

Di usia yang 18, lanjutnya, Kota Tomohon telah banyak capaian kemajuan pembangunan yang telah dilaksanakan.

Seiring dengan laju pertumbuhan ekonomi, tingkat pengangguran di Kota Tomohon cenderung menurun. Angka indeks pembangunan manusia juga yang terus meningkat menjadinterbaik ke dua di Sulawesi Utara (Sulut).

Sejalan pula dengan pertumbuhan ekonomi dan penurunan pengangguran, lanjut Djemmy, tingkat kemiskinan di kota Tomohon juga berhasil ditekan.

Kedati begitu, Djemmy mengajak jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon untuk terus meningkatkan kinerja, pengabdian dan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Kreativitas, inovasi, dan kerja nyata dari seluruh masyarakat juga sangat dibutuhkan dalam memberikan kontribusi bagi percepatan pembangunan di tanah ”Tou Muung” tercinta ini,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Djemmy juga menyampaikan laporan kinerja DPRD Kota Tomohon selang tahun 2020.

Dikatakan, intisari dari laporan kinerja yang telah dibahas melalui pertemuan konsultasi pimpinan DPRD dengan pimpinan fraksi-fraksi dan pimpinan alat kelengkapan dewan, intinya adalah sebagai berikut:

1. Pelaksanaan Fungsi Legislasi/Pembentukan Peraturan Daerah, DPRD Kota Tomohon sudah membahas 8 rancangan peraturan daerah (Ranperda)dari pemkot dan 1 Ranperda Inisiatif DPRD
2. Fungsi Penganggaran dan
3. Fungsi Pengawasan.

Sebagai mitra kerja Pemkot, katanya, DPRD Kota Tomohon juga memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pemkot Tomohon yang dinahkodai oleh Wali Kota Jimmy Feidie Eman, SE.Ak, CA dan Wakil Wali Kota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan, yang akan mengakhiri masa bakti pada tanggal 17 Februari 2021 mendatang.

“Kami semua meyakini mereka berdua sudah membawa Kota Tomohon menjadi kota yang lebih maju di berbagi sektor,” ujarnya.

Hadir dalam paripurna ini, Pendeta Meiske Greti Lomboan, MTH, Gubernur Sulut diwakili Karo Pemerintahan Jemmy Kumendong, anggota DPD RI, Ir. Stefanus Liow, MAP, Wali Kota Jimmy Feidie Eman, SE,Ak, CA, Wakil Wali Kota Syerly Adelyn Sompotan, Anggota DPRD Propinsi Sulut, Dra. Vonny Paat, Kepala Kejaksaan Negeri Tomohon, Kapolres Kota Tomohon, Ketua Pengadilan Negeri Tondano, Dandim 1302 Minahasa.

Juga, Danramil Kota Tomohon, Para Anggota DPRD Kota Tomohon, penjabat Sekretaris Daerah Kota Tomohon, Dr. Juliana Dolvin Karwur, MKes, MSi, Komisioner KPU dan Bawaslu Kota Tomohon.

Hadir pula, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon Terpilih pada Pilkada Tahun 2020, Carrol J.A. Senduk, SH dan Wenny Lumentut, SE beserta para undangan lainnya.

Penulis: Jerry Michael