oleh

Pembayaran Siltap Dipastikan Pekan Ini

Airmadidi,Fajarmanado.com – Perangkat desa di Minahasa Utara kini bisa bernafas lega karena pembayaran Penghasilan Tetap (Siltap) akan direalisasikan pekan ini. Hal ini senada dengan pernyataan kepala badan keuangan Pemkab Minahasa Utara Petrus Defni Macarau yang menyatakan berkas pecairan Siltap sedang diproses dan pembayarannya akan direalisasikan di minggu berjalan ini.

“Pembayaran Siltap akan direalisasikan pekan ini. Saat ini berkas pencairannya sedang diproses bidang perbendaharaan.”kata Macarau, Selasa (19/1).

Macarau mejelaskan, dana untuk  pembayaran tiga bulan Siltap perangkat desa sudah ada dan siap untuk dibayarkan. Total anggaran yang dialokasikan untuk pembayaran Siltap tiga bulan tersebut mencapai Rp. 13,8 Milyar.

“Tiga bulan akan dibayarkan sekaligus dengan dua SPM, yakni satu SPM untuk pembayara dua bulan dan satunya lagi untuk pembayaran Siltap satu bulan. Meski demikian pencairannya akan dilakukan hari itu juga sehingga setiap perangkat desa bisa langsung menerima tiga bulan Siltap.”jelasnya.

Untuk pencairan Bagi Hasil Pajak dan Retribusi (BHPR) lanjut Macarau, akan dibayarkan bulan Februari setelah dana bagi hasil pajak dari provinsi ditransfer ke rekening daerah.

Menanggapi hal ini, Bendahara Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Minahasa Utara Stendry Wangke atas nama ketua dan sekretaris PPDI turut memberikan apreseasi kepada pemerintah yang telah mempercepat pencairan dana Siltap. Sebab perangkat desa yang merupakan ujung tombak pemerintah sudah selayaknya lebih diperhatikan kesejahteraannya terlebih saat ini dalam keadaan pandemi covid 19.

“Kami sangat mengapreseasi jika pencairan Siltap akan dibayarkan pekan ini, karena dana ini sangat dibutuhkan perangkat desa untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari. Kami berharap kedepan pemerintah akan lebih memperhatikan kesejahteraan kami sebagai aparat desa ujung tombak pemerintah.”kata Wangke yang juga sebagai hukum tua desa Sawangan.(Joel)

News Feed