oleh

Survei SDI, Paslon SMS-GES Unggul Telak di Buru Selatan

Ambon, Fajarmanado.com –Lembaga Survei Sinergi Data Indonesia (SDI) merilis hasil surveinya untuk Pilkada Kabupaten Buru Selatan, Provinsi Maluku.

Survei tingkat elektabilitas masing-masing pasangan calon (paslon) Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Buru Selatan 2020 menempatkan paslon nomor urut 3, Safitri Malik Soulisa-Gerson Eliezer Selsily (SMS-GES) unggul telak dari paslon lainnya.

Direktur Lembaga Survei SDI, Bahkah Pattimahu mengatakan, hasil survei bertajuk Politik Identitas/Suku dan Peluang Kemenangan Calon Pada Pilkada Buru Selatan Selang rentan waktu tanggal 17 hingga 23 November 2020, maka tingkat elektabilitas paslon SMS-GES mencapai 46,14 persen.

“Untuk paslon Haji Ali dan Zainudin Booy mendapatkan tingkat elektabilitas sebesar 22,73 persen,” ungkapnya saat konferensi pers di Hotel Biz, Ambon, Rabu (2/12/2020).

Sementara paslon Abdurrahman Soulissa dan Elisa Ferianto Lesnussa memperoleh tingkat elektabilitas sebesar 10,91 persen.

“Melihat hasil ini maka Pilkada Kabupaten Buru Selatan 2020 yang akan digelar pada tanggal 9 Desember mendatang, pasangan Safitri Malik Soulisa-Gerson Eliezer Selsily atau SMS-GES yang berpotensi menang dalam kontestasi tersebut,” ujarnya.

Barkah mengungkan bahwa survei dilakukan secara teknik Multistage Random Sampling dengan sample random orang yang tersebar secara merata dan proporsional di seluruh wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Buru Selatan.

“Metodenya dengan multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 4,47 persen dengan derajat kepercayaan 95 persen,” jelas Pattimahu.

Secara khusus, Barkah juga menjelaskan bahwa mayoritas pemilih di Kabupaten Buru Selatan mendukung SMS-GES dalam Pilkada kali ini, karena menilai Bupati Tagop Soulissa yang juga suami dari Safitri berhasil membangun Buru Selatan.

“Secara umum mayoritas warga Buru Selatan menilai Tagop sukses membangun Buru Selatan. Ada sekitar 60,68 person yang menilai beliau berhasil membangun Buru Selatan,” paparnya.

Menurut Bahkah, hal ini menjadi salah satu faktor yang mendorong keterpilihan warga Buru Selatan terhadap paslon SMS-GES.

Menanggapi hasil survei dari Lembaga Survey Sinergi Data Indonesia tyang menunjukkan keunggulan paslon SMS-GES, calon Bupati Buru Selatan, Safitri Malik Soulissa mengaku capaian tersebut merupakan hasil dari kerja keras seluruh elemen tim pendukung.

Mulai dari koalisi partai pengusung, relawan dan pendukung dan simpatisan yang menyebar di seluruh Buru Selatan.

Selain itu, lanjutnya, juga para aktivis dan tokoh ormas (organisasi kemasyarakatan) yang telah merasakan atas imbas kepemimpinan Tagop Soulissa saat menjadi Bupati Buru Selatan selama dua periode.

“Kami sampaikan terimakasih kepada semua komponen, baik partai pengusung, tokoh ormas dan seluruh lapisan masyarakat pendukung SMS-GES,” ujarnya.

Safitri menambahkan, menjadi tugas bersama oleh seluruh komponen dan basis suara pendukung untuk bersama-sama mengawal dan mengamankan basis suara hingga pada pelaksanaan pencoblosan pada tanggal 9 Desember 2020.

“Selanjutnya, menjadi tugas kita bersama untuk mengawal dan mengamankan selisih keunggulan ini sampai dengan tanggal 9 Desember 2020 dan Penghitungan Suara Tingkat Kabupaten,” paparnya.

Penulis: Kate Mailoa

News Feed