oleh

Genjot PAD, AiM Sebut Digitalisasi Pajak

Manado, Fajarmanado.com –Calon Wakil Wali Kota Manado, Dr. Harley ‘Ai’ Mangindaan, SE, MSN (AiM) mengatqkan, dalam upaya pemerintahan Paula-Harley Menang (PAHAM) menggenjot pendapatan asli daerah (PAD) akan dibangun sistim digitalisasi pajak.

“Dengan digitalisasi, misalnya, akan dapat memudahkan masyarakat dalam membayar pajak. Nah hal tersebut tentunya harus mempunyai terobosan baru, lompatan baru yang dapat menaikkan PAD,” ujar pasangan calon Wali Kota Prof. Dr. Julyeta Paulina Amelia Runtuwene, MS (JPAR) ini.

AiM menegaskan, perlunya digitalisasi di semua layanan publik, apakah itu data base-nya maupun potensi-potensi pendapatan atau objek pajaknya.

“Dengan adanya komitmen bersama terkait percepatan digitalisasi di semua objek pajak, pasti akan ada kenaikan PAD yang signifikan,” tambah S3 jebolan UNHAS ini pada Debat Kandidat Pilkada Manado 2020, Selasa (24/11/2020).

Mangindaan pun menjawab terkait sistim digitalisasi perpajakan dalam peningkatan PAD. “Dalam RPJMD pasti dibahas akan hal tersebut. Dan untuk peningkatan PAD harus ada kolaborasi dengan DPRD. Meski memang untuk menjadi pemimpin harus memiliki tangan yang kuat serta pemikiran yang cerdas. Ketika PAHAM dilantik, kami akan awali dengan digitalisasi pajak karena kami yakin akan menambah PAD yang luar biasa dan nyata. Untuk kejadian-kejadian yang baru terjadi, ini akan menjadi fondasi PAHAM agar PAD lebih baik kedepan,” ungkap Ai Mangindaan, sapaan akrab Cawali Manado nomor urut 4 ini.

Ai Mangindaan juga menyakini, jika fokus dalam mengidentifikasi peluang dan tantangan bagi pemerintah daerah dalam implementasi transformasi digital, dalam konteks keuangan publik, penggunaan teknologi digital dapat menguntungkan pemerintah daerah baik dari sisi penerimaan maupun belanja anggaran.

Penulis: Herly Umbas

News Feed