oleh

JPAR Jawab Tuntas Program Rumah Murah PAHAM

Manado, Fajarmanado.com – Calon Wali Wota Manado, Prof. Dr. Julyeta Paula Amelia Runtuwene, MS memaparkan secara lugas program Rumah Murah Paula Harley Menang (PAHAM).

Program Rumah Murah yang ditawarkan pasangan nomor urut 4 Pilkada Manado 2020, JPAR-AiM sempat ditanya Mor Bastian, Calon Wali Kota nomor urut 3.

Mor mempertanyakan bagaimana JPAR-AiM mewujudkan pengadaan Rumah Murah, yang menjadi topik pembicaraan masyarakat dan viral di media sosial ini pada Debat Kandidat Jilid II Pilkada Manado saat digelar KPU Manado, Selasa (17/11/2020) malam.

Disodorkan pertanyaan yang terkesan meragukan itu, Prof Paula, panggilan familiar JPAR, menegaskan, 10 ribu rumah layak huni tersebut diberikan bagi masyarakat berpenghasilan rendah tanpa cicil dan bunga tanpa bank.

Baca Juga :  Menang 4 Survey Nasional, DRAiM: Terus Giat Bekerja, Target PAHAM Menang Telak

“Namun akan program tersebut, telah melalui kajian, baik luas lahan rumah dan struktur bangunan agar memang betul betul layak bagi masyarakat,” kata Prof Paula menjawav Mor Bastian yang terkesan penasaran dengan program unggulan PAHAM tersebut.

Lebih lanjut, Prof Paula menjelaskan, 10 ribu rumah tersebut akan dibangun secara bertahap. Meski paling rendah dengan tipe rumah 27.

“Lahan 100 hektar disediakan pemkot dari dana APBD karena program pemerintah nantinya,” katanya.

Ada 3750 hektar yang belum dimanfaatkan. Terbesar ada di Mapangat dan Bunaken sekitar 32 ribu hektar.

Baca Juga :  Nilai GSVL Berhasil Pimpin Kota Manado, Bu Winsu Sebut Berdampak Positif Bagi JPAR-AiM

“Artinya, Mapanget bisa jadi pilihan sebagaimana memang wilayah tersebut adalah lokasi Kota baru. Nantinya dimasukan tata ruang wilayah dan ada regulasi untuk memenuhi ketentuan,” paparnya.

“Biaya pembangunan juga bersumber dari APBD di dinas teknis yang nantinya akan juga dibentuk BUMD sebagai pengelolah rumah tersebut. Kemudian pembangunan yang dilakukan bertahap akan dilakukan dan bisa tersebar dibeberapa kecamatan,” sambung dia.

Program ini, lanjutnya, adalah bagian dari program PAHAM untuk menjawab kebutuhan masyarakat.

“Dan rumah tersebut bisa menjadi hak milik sendiri,” tandas Prof Paula, mantan Rektor UNIMA ini.

Penulis: Herly Umbas

News Feed