oleh

Orasi Politik Sehan Landjar Mampu Hipnotis Warga Kema

Kema, Fajarmanado.com – Kampanye pasangan calon Gubenur dan Wakil Gubenur Christiany Eugenia Paruntu dan Sehan Salim Landjar (CEP – SSL) di Kecamatan Kema berlangsung meriah meski harus menggunakan protokol covid 19.

Orasi politik Sehan Landjar yang disampaikan dengan gaya kharismatiknya sebagai orator mampu menghipnotis warga. Buktinya selama 1 jam lebih Sehan Landjar menyampaikan orasi tak satupun peserta kampanye beranjak dan masih ingin mendengarkan orasinya meski waktu kampanye sudah habis.

Dalam orasi politiknya, Sehan Landjar menyampaikan tentang visi dan misi CEP – SLL untuk membangun daerah dan sejumlah strategi untuk kesejahteraan masyarakat. Program bantuan untuk usaha kecil menengah, beasiswa dan bantuan untuk lansia menjadi program andalan untuk membantu masyarakat kecil. Selain itu, insentif untuk tokoh agama serta asuransi bagi nelayan seperti yang telah dilakukannya di kabupaten Bolmong Timur mengundang uplause dari seluruh peserta kampanye yang profesinya mayoritas sebagai nelayan.

“Visi dan misi yang kami sampaikan ini bukan sekedar janji kampanye atau sebatas jual kecap semata. Apa yang kami tuangkan dalam visi dan misi tersebut sebagian besar sudah saya lakukan di kabupaten Bolmong Timur. Untuk itu jika kami dipercayakan memimpin Sulut 5 tahun kedepan, apa yang kami sampaikan ini akan kami wujudkan.”kata Eyang sapaan akrabnya.

Eyang menambahkan, soal reformasi birokrasi, CEP – SSL akan melakukan perampingan dinas dan badan dengan penghapusan dinas pertanian, dinas sosial dan badan pemberdayaan masyarakat desa. Ini menurutnya perlu untuk dihapuskan karena selain pemborosan, ketiga instansi tersebut tidak punya kerjaan di provinsi. Ia mencontohkan, yang mempunyai lahan pertanian kabupaten kota bukan provinsi sehingga anggaran untuk instansi tersebut sebaiknya dialokasikan langsung ke instansi terkait yang ada di kabupaten dan kota.

“Kenapa harus ada dinas pertanian jika provinsi tidak ada lahan, selain itu dinas sosial dan pemberdayaan masyarakat sebaiknya diserahkan ke kabupaten dan kota agar langsung bersentuhan dengan masyarakat, tidak perlu lagi diatur oleh provinsi.”tambahnya.

Kampanye pasangan CEP – SSL ini mendapat sambutan hangat warga setempat, Amalia Al Amri salah satu warga desa Kema III mengatakan, penyampaian visi dan misi CEP – SSL sangat mudah dipahami dan dicerna masyarakat, selain itu seluruh program yang disusun dalam visi dan misi tersebut berpihak kepada masyarakat kecil.

“Kami akan mendukung pasangan CEP – SSL di Pilkada mendatang. Sebelumnya kami belum ada pilihan, namun setelah mendengar orasi politik pak Eyang, kami sekeluarga memutuskan untuk memilih CEP – SSL di Pilkada mendatang.”terangnya.

Dalam kampanye pelaksanaan kampanye di kecamatan Kema tersebut, turut dihadiri calon Gubenur Christiany Eugenia Paruntu, pasangan calon bupati dan wakil bupati Minahasa Utara dengan Jargon Kiss Jo, Sompie Singal dan Joppy Lengkong, ketua DPD II Golkar Minut Denny Wowiling, Ibu Altje Singal – Polii, ibu Mieke Lengkong – Widjaja, wakil ketua DPRD Minut Olivia Mantiri, ketua Fraksi Golkar DPRD Minut Edwin Nelwan serta tokoh agama dan tokoh masyarakat kecamatan Kema.

Penulis: Joel Polutu

News Feed