oleh

Ini Kata Wakil Ketua DPRD Minut, Olivia Mantiri Soal Penundaan Paripurna Penetapan KUA PPAS

Airmadidi, Fajarmanado.com – Wakil ketua DPRD Minahasa Utara (Minut) dari Partai Golkar Olivia Mantiri menegaskan, penundaan pelaksanaan rapat paripurna penetapan KUA PPAS perubahan anggaran tahun 2020 ini tidak ada kaitannya dengan politik.

Paripurna yang diagendakan Jumat pukul 19.00 Wita ditunda karena dokumen yang diajukan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) tidak lengkap dan terperinci sehingga pembahasannya molor dari jadwal paripurna yang diagendakan.

“Tertundanya pelaksanaan paripurna tidak ada kesengajaan apalagi unsur politik. Tidak penting siapa yang nantinya akan bertanda tangan, apakah bupati definitif atau pejabat bupati karena molornya pembahasan akibat tidak siapnya TAPD dalam menyiapkan revisi dokumen KUA PPAS yang sudah disepakati saat pembahasan di Banggar sebelumnya,” kata Mantiri. Sabtu (26/9/2020)

Namun demikian, setelah melalui tahapan pembahasan yang alot dan penuh dinamika, pembahasan KUA PPAS bisa diselesaikan malam itu, hanya saja karena waktu yang sudah larut dan Bupati sudah meninggalkan ruang sidang sehingga paripurna penetapan KUA PPAS batal dilaksanakan. Srikandi partai Golkar ini menegaskan, pembahasan KUA PPAS dimasa pandemi covid 19 ini berbeda dengan tahun sebelumnya, karena ada puluhan miliar anggaran yang di “refocusing” untuk penanggulangan covid di Minahasa Utara, dan aliran dana itu harus dicermati dengan baik oleh Banggar.

“Pada prinsipnya kami tidak mungkin menghambat paripurna KUA PPAS jika semuanya sudah disiapkan TAPD. Contohnya review inpektorat soal penggunaan dana covid baru diserahkan hari jumat sementara hari itu sudah diagendakan untuk paripurna. Ini salah satu hal yang membuat pembahasan KUA PPAS banyak memakan waktu sehingga paripurna molor,” ujarnya lugas.

Ia menambahkan, untuk paripurna KUA PPAS sudah disetujui oleh Banggar namun untuk paripurna APBD – Perubahan tahap satu belum bisa dilakukan sebelum TAPD merevisi sejumlah catatan yang diberikan banggar untuk dibahas lebih lanjut.

 

Penulis : Joel Polutu

News Feed