oleh

Mantan Ketua Garda NasDem Tomohon Dukung CS-WL Gegara Ini

Tomohon, Fajarmanado.com – Mantan Ketua Garda NasDem Kota Tomohon, Frangky Xian Poluan ‘menyebrang’ dalam pentas Pilkada 2020.

Frangky mengambil sikap politik tak mendukung Jilly Gabriella Eman dan Virgie Baker (JGE-VB), pasangan yang ikut diusung partai besutan Surya Paloh di Pilkada Kota Tomohon ini.

“Saya saat ini menyatakan sikap politik saya dalam Pilkada Kota Tomohon, bahwa saya tetap Partai NasDem. Tapi untuk Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kota Tomohon, saya pilih bergabung dengan Carol Senduk Wenny Lumentut (CS-WL),” katanya kepada wartawan di kawasan Pasar Wilken Beriman Tomohon, Jumat (26/9/2020).

Franky mendukung CS-WL, yang diusung PDI Perjuangan karena menyatakan kecewa karena diberhentikan sepihak oleh Ketua DPD NasDem Kota Tomohon Andi Sengkey dari jabatannya sebagai Ketua Garda NasDem Kota Tomohon.

Frangky mengaku baru mengetahuinya dirinya tak lagi sebagai Ketua Garda NasDem Kota Tomohon di awal acara Rapat Konsolidasi Pemenangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon dari Partai NasDem pada Sabtu, 19 September lalu.

Ketika Calon Wakil Wali Kota Virgie Baker, yang juga kader NasDem ini meminta Ketua Garda NasDem Kota Tomohon untuk memimpin yel-yel NasDem di Wale Sarongsong malam itu, bukan namanya yang disebut. Tapi, Juan Gerungai.

Baca Juga :  Hebat..! Partisipasi Pemilih Mitra Tertinggi

Frangky pun menyatakan kaget dan malu. “Saya sangat menyesalkan yang terjadi pada diri saya dan teman teman pengurus dan anggota Garda (NasDem),” ketusnya.

Penggantian pengurus Garda NasDem tersebut, menurutnya, tidak dilakukan sesuai mekanisme. “Nanti saya sadar bahwa saya tidak lagi sebagai Ketua Garda NasDem pada saat saya diundang hadir pada pertemuan konsolidasi partai persiapan pilkada itu,” tuturnya.

“Saya merasa kecewa dan marah.  Saya menyesalkan Calon Wakil Wali Kota Virgi Baker itu. Tidak mungkin, tidak mengenal saya, Kenapa saya dibuat seperti ini,” paparnya

Frangky menegaskan bahwa dirinya adalah orang konsisten dengan keputusan partai.

“Saya waktu memegang jabatan sebagai Ketua Garda Nasdem, saya membuat konsolidasi untuk membesarkan partai dengan cara membentuk kepengurusan di 44 kelurahan sampai di lingkungan dengan membuat kegiatan arisan,” katanya.

Kegiatan arisan ini, lanjutnya, dimanfaatkan sebagai momen konsolidasi. “Saya bukan saja sebagai Ketua Garda, dalam kepengurusan Partai saya adalah ketua bidang kepemudaaan,” ungkap dia sambil menuturkan bahwa l Ketua NasDem Kota Tomohon, Andi Sengkey tahu persis kinerjanya selama ini.

Baca Juga :  Hebat..! Partisipasi Pemilih Mitra Tertinggi

Meski kecewa, Frangky mengungkapkan tetap mencintai partai NasDem dan Ketua Umum Surya Paloh serta Ketua umum Garda NasDem Pusat Pranata Surya Paloh.

Lantas, kenapa mengalihkan dukungan kepada calon yang bukan usungan Partai NasDem, Frangky menilai karena CS-WL adalah pasangan yang akan memenangkan pertarungan dalam Pilkada Kota Tomohon 2020 ini. “Mereka yang akan menjadi Walikota dan Wakil Walikota di Kota Tomohon 9 Desember 2020,” ujarnya.

Untuk memuluskan kemenangan CS-WL, Frangky bertekad mengajak seluruh personil Garda NasDem Tomohon yang direkrutnya untuk bersama-sama memenangkan CS-WL.

“Saya berjanji akan mengajak Pengurus Garda NasDem Kota Tomohon serta pengurus di 44 Kelurahan dan Lingkungan bersama kita bergabung dengan CSWL dari PDIP,” tandas Frangky.

Ketua NasDem Kota Tomohon, Andi Sengkey belum berhasil dikonfirmasi. Begitu pun Sekretaris Fanny Mawei dan  James Tangkawarouw, pengurus DPD NasDem Kota Tomohon lainnya, ketika dihubungi melalui saluran telepon.

Penulis: Jerry Michael

Editor : Herly Umbas

News Feed