oleh

Djemmy Sundah Pimpin Paripurna Penetapan Renja DPRD Kota Tomohon 2021

Tomohon, Fajarmanado.com – Setelah melalui tahapan pembahasan, akhirnya Rencana Kerja (Renja) DPRD Kota Tomohon tahun 2020 ditetapkan, Senin (21/9/2020).

Penetapan dilakukan melalui rapat paripurna dewan yang dipimpin Ketua DPRD Tomohon Djemmy Jerry Sundah, SE didampingi Wakil Ketua Erens D. Kereh, AMKL dan Sekretaris DPRD Tomohon Fransiskus F. Lantang, SSTP di Kantor DPRD Tomohon.

Ketua Dewan Djemmy Sundah menjelaskan, sesuai amanat peraturan pemerintah (PP) nomor 12 tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD ) Propinsi, Kabupaten, dan Kota, Bab V (lima) pasal 67 menyatakan,
Ayat (1) Rencana kerja DPRD disusun berdasarkan usulan rencana kerja alat kelengkapan DPRD kepada pimpinan DPRD.

Ayat (2) : Rencana kerja DPRD dalam bentuk program dan daftar kegiatan.

Ayat (3) : Pimpinan DPRD menyampaikan rencana kerja
DPRD kepada sekretaris untuk dilakukan penyelarasan.

Ayat (4) : Hasil penyelarasan rencana kerja DPRD disampaikan kepada pimpinan DPRD untuk dibahas dan ditetapkan dalam rapat paripurna.

Ayat (5) : Rencana kerja DPRD yang telah ditetapkan dalam rapat paripurna menjadi pedoman bagi Sekretariat DPRD dalam menyusun dokumen rencana dan anggaran sekretariat DPRD untuk anggaran tahun berikutnya.

Baca Juga :  Stevy Pijoh Jadi Sekretaris Banwas, Johannes Tumurang Plt Dirut PDAM Tomohon

Ayat (6) : Penetapan rencana kerja DPRD paling lambat tanggal 30 September tahun berjalan.

“Selanjutnya, hal yang sama juga ditegaskan dalam permendagri nomor 86 tahun 2017 pasal 372,” ungkapnya.

Permendagri nomor 86 tahun 2017 pasal 372 tersebut, lanjutnya, berbunyi; Ayat (1) : DPRD provinsi dan kabupaten/kota menyusun program kerja sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing alat kelengkapan DPRD.

Ayat (2) : Program kerja sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Disusun oleh sekretariat DPRD untuk dilaporkan kepada pimpinan DPRD dan disetujui dalam rapat paripurna;

Ayat (3) : Program kerja sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Disusun dalam bentuk program, kegiatan, dan indikator serta target capaian kinerja.

Ayat (4) : Penyusunan program, kegiatan, dan indikator serta target capaian kinerja sebagaimana dimaksud pada ayat (3) dilakukan pada tahapan
perencanaan dan penganggaran.

Ayat (5) : Sekretaris DPRD melakukan harmonisasi dan konsolidasi usulan program, kegiatan, dan indikator serta target capaian kinerja sebagaimana dimaksud pada ayat (4) ke dalam dokumen rencana perangkat daerah dan penganggaran daerah.

Ayat (6) : Sekretaris DPRD menyerahkan rancangan akhir
program kerja DPRD kepada pimpinan DPRD untuk dibahas dalam rapat paripurna.

Baca Juga :  Soal Tuntutan FSBSI, Djemmy Sudah: Akan Bicarakan dengan Pemerintah dan Perusahan

Ayat (7) : rapat sebagaimana dimaksud pada ayat (6)
dilakukan untuk mendapatkan persetujuan dari seluruh alat kelengkapan DPRD setelah proses
harmonisasi dan konsolidasi selesai.

Ayat (8) : program kerja DPRD sebagaimana dimaksud pada
ayat (6) menjadi pedoman bagi sekretariat DPRD dalam mendukung kegiatan DPRD.

Dan, ayat (9) : program kerja DPRD menjadi bahan dalam
penyusunan renstra sekretariat DPRD.

“Memperhatikan amanat peraturan di atas, maka DPRD bersama dengan sekretariat DPRD sudah melaksanakan beberapa tahapan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing sehingga telah tersusun rencana kerja DPRD Kota Tomohon tahun anggaran 2021 yang harus ditetapkan lewat rapat paripurna,” ucapnya.

Rapat ditandai dengan Penandatanganan Naskah Keputusan Pimpinan DPRD oleh Wakil ketua DPRD, Erens D. Kereh, AMKL, kemudian Ketua DPRD Djemmy Jerry Sundah, SE.

Ketua DPRD berharap dengan ditetapkannya Renja DPRD Kota Tomohon 2021 ini, pelaksanaan dan penerapannya benar-benar efektif dan dapat dijadikan pedoman dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi.

Hadir dalam rapat paripurna ini para anggota DPRD Kota Tomohon, Sekretaris Kota (Sekkot) Harold V. Lolowang, MSc mewakili Wali Kota Tomohon serta jajaran Pemkot Tomohon.

Penulis: Jerry Michael

News Feed