oleh

Penetapan Paslon Golkar di Pilwako Tomohon Terjadi Tarik Menarik, Ini Sikap MJLW

Jakarta, Fajarmanado.com – DPP Partai Golkar dikabarkan belum juga menetapkan pasangan calon (Paslon) pada Pilkada 2020 di Kota Tomohon.

Partai berlambang Pohon Beringin besutan Ketua Umum Airlangga Hartarto ini, masih kesulitan menentukan figur calon pengganti Wali Kota Jimmy Feidie Eman, SE.Ak, CA, yang tidak bisa lagi mencalonkan diri.

Tarik menarik masih saja terjadi antartiga kubu figur yang mendaftar dan telah dua kali disurvei oleh lembaga survei DPP Golkar sehingga dikabarkan sudah tiga kali tertunda.

DPP Golkar akhirnya belum final juga menetapkan siapa di antara Syerly Adelyn Sompotan (SAS), Ir. Miky Junita Linda Wenur, MAP (MJLW) dan Jilly Gabriella Eman (JGE) yang akan ditetapkan sebagai calon wali kota (Cawali) Tomohon.

Berbagai formula paslon telah muncul dan sempat ditawarkan. Baik SAS-MJLW, JGE-MJLW maupun SAS-JEG atau kemungkinan JEG atau SAS mencari pasangan lain.

Namun demikian, semua itu masih dimentahkan dan ditolak oleh DPP maupun Ketua DPD I Sulawesi Utara, Christiany Eugenia Paruntu atau CEP. Tak terkecuali oleh MJLW, yang memang mendaftar sebagai calon wali kota (Cawali).

“Akar rumput dan kader (Golkar) maupun masyarakat Kota Tomohon tahu persis saya mencalonkan diri sebagai wali kota,” komentar Miky Wenur, sapaan akrab MJLW, Ketua DPRD Tomohon periode 2014-2019 ini.

Namun, Ibu Penatua Nita, panggilan familiar Sekretaris Komisi Wanita Kaum Ibu (W/KI) Sinode GMIM tiga periode ini menolak mengomentari lebih dalam penyebab belum ditetapkannya paslon pemilihan wali kota (Pilwako) Tomohon pada Pilkada serentak 2020 ini.

“DPP bersama DPD I (Golkar Sulut) masih sementara mengkajinya lebih dalam. Memang tidak semudah membalik telapak tangan,” komentar MJLW ketika dikonfirmasi Fajarmanado.com di Tomohon, Kamis (20/8/2020).

Terkait pencalonannya, Miky mengatakan meminta perkenaan Tuhan dengan menyerahkan sepenuhnya keputusannya kepada DPD I Partai Golkar Provinsi Sulut dan DPP Partai Golkar untuk mengambil keputusan terbaik.

MJLW  mengakui bahwa hal tersebut telah disampaikan langsung ketika bertemu dengan  Ketua DPD I Partai Golkar, CEP didampingi Ketua Harian Pnt. James Arthur Kojongian (JAK) dan Pnt. Michaela Elsiana Paruntu (MEP) di Jakarta pekan lalu.

Ia berharap DPP dan DPD I Sulut dapat memberikan keputusan terbaik untuk memenangkan Pilkada Kota Tomohon 9 Desember mendatang.

“Ada sejumlah alasan dan pertimbangan yang saya sampaikan kepada Ibu Ketua CEP dan Ketua Harian Pnt JAK, tetapi juga ada petunjuk-petunjuk yang kedua beliau berikan kepada saya,” ujar isteri dari Senator Indonesia perwakilan Sulut, Ir. Stefanus BAN Liow, MAP ini.

“Jadi kita tunggu saja mana (paslon Pilkada) yang terbaik untuk Partai Golkar serta Tomohon Sejahtera,” sambung MJLW.

Untuk itu, Miky Wenur mengajak agar pengurus, kader dan simpatisan Partai Golkar terus merapatkan barisan untuk kesinambungan kejayaan Partai Golkar dan kemenangan Cagub CEP dan Cawali Tomohon untuk Tomohon Sejahtera.

“Siapa pun di antara MJLW, SAS, JGE yang ditetapkan sebagai cawali wajib kita dukung,” tandasnya seraya mengapresiasi kepada SAS dan JGE, srikandi Golkar yang siap berjuang bersama mengabdi demi kesejahteraan masyarakat Kota Tomohon.

MJLW dikenal sebagai kader Partai Golkar yang telah mengakar dan dekat dengan masyarakat Kota Tomohon.

MJLW mengawali karier politiknya pada 27 tahun lalu sebagai Instruktur Kader Fungsional Cendekiawan Golkar Kabupaten Minahasa dan Wakil Ketua Partai Golkar Kelurahan Walian, Tomohon.

Penulis: Herly Umbas

News Feed