oleh

Satu Lagi Hukum Tua Dinonaktifkan, Jemmi Eldat Adi Sulung Jabat Plh Hukum Tua Watuliney Tengah

Ratahan, Fajarmanado.com — Penonaktifan Hukum Tua (Kumtua) di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) kembali berlanjut.  Kali ini giliran oknum Kumtua Desa Watuliney Tengah, Kecamatan Belang, berinisial FW dinonaktifan sementara.

Seperti halnya beberapa oknum Kumtua, sebutan khas Kepala Desa di bumi Minahasa ini, FW dinonaktifkan karena kuat dugaan telah penyalahgunaan wewenang terhadap penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana desa.

“Oknum Kumtua ini akan menjalani pemeriksaan, makanya harus dinonaktifkan sementara,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Mitra, Royke Lumingas di Ratahan kepada wartawan,  Senin (13/7/2020).

Lumingas mengungkapkan bahwa pihaknya sudah sering mengingatkan kepada para Kumtua agar tidak melakukan pungutan dalam bentuk apapun juga, atau penyelewengan terhadapnya BLT dana desa.

Baca Juga :  Tambang Ilegal Di Kebun Raya Megawati Soekarno Putri Di Tertibkan

“Ini sudah sangat tegas diingatkan Bupati James Sumendap, Kapolres dan Kajari. Bahkan dalam rapat koordinasi yang lalu, Wakil Gubernur sudah juga mengingatkan para Kumtua supaya jangan main-main dengan BLT dana desa ini,” katanya.

Selain itu, dia menambahkan, pihaknya terus memperingatkan para Kumtua dalam pengelolaan bantuan yang bersumber dari dana desa harus sesuai dengan aturan yang berlaku.

Inspektur Daerah Kabupaten Mitra, Marie Makalow mengatakan pihaknya segera melakukan pemeriksaan terhadap FW, oknum Kumtua Desa Watuliney Tengah.

Baca Juga :  Semuel Montolalu Sukses Gelar Reses Kedua

“Kami akan segera melakukan pemeriksaan lebih mendalam terkait dengan dugaan adanya penyalahgunaan wewenang bagi masyarakat penerima bantuan,” katanya.

Sementara itu ,Desa Watuliney Tengah saat ini dipimpin pelaksana harian (Plh) Jemmi Eldat Adisulung.

Sampai saat ini total sudah ada Enam Kumtua di Mitra yang dinonaktifkan diduga menyalahgunakan wewenang dalam menyalurkan BLT dana desa.

Lima oknum Kumtua yang lebih dulu dinonaktifkan, adalah, oknum Kumtua Desa Bentenan, Bentenan Satu, Liwutung, Soyowan dan oknum Kumtua Desa Tumbak.

Penulis : Didi Gara

News Feed