oleh

Senator SBANL Sosialisasikan Empat Pilar di Dua Kecamatan Ini

Kawangkoan, Fajarmanado.com — Senator Indonesia utusan Sulawesi Utara (Sulut), Ir. Stefanus BAN Liow, MAP kembali sosialisasikan Empat Pilar MPR RI di Kabupaten Minahasa, Senin (22/6/2020).

SBANL, sapaan Anggota Badan Sosialisasi MPR RI, kali ini menyasar tokoh masyarakat dan tokoh agama di dua Kecamatan. Yakni, Kelurahan Uner, Kecamatan Kawangkoan dan  Kelurahan Sendangan, Sendangan Tengah dan Kelurahan Sendangan Selatan, Kecamatan Kawangkoan.

Di awali di Kelurahan Uner, kompleks Pasar Esa Waya Kawangkoan pada pukul 17.00 Wita dan berakhir di GMIM Sion Sentrum Sendangan, wilayah Kawangkoan Satu sekira pukul 21.00 Wita.

SBANL di tengah personil Panji Yosua GMIM Sion Sentrum Kawangkoan seusai mensosialisasikan Empat Pilar MPR RI di Kawangkoan, Senin malam (22/6/2020)

Dengan gaya khasnya, diwarnai dengan beberapa sesi tanya jawab, SBANL menjelaskan tuntas Empat Pilar MPR RI.

Yakni, Pancasila Sebagai Dasar dan Ideologi Negara, UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Sebagai Konstitusi Negara dan Ketetapan MPR RI, NKRI Sebagai Bentuk Negara, dan Bhineka Tunggal Ika Sebagai Semboyan Negara.

Baca Juga :  Senator SBANL Ajak Masyarakat Rawat Kemajemukan Bangsa

Stefa Liow, sapaan familiar mantan Dosen ITM Tomohon, yang juga Wakil Ketua Kelompok (Fraksi) DPD RI di MPR RI ini, mengajak untuk senantiasa mengandalkan Tuhan, menghormati, menghargai dan membantu sesama, menjaga persatuan dan kesatuan berbangsa, menjaga keselamatan dan keberlangsungan bangsa dan negara, memajukan kesejahteraan dan penghidupan yang layak.

“Sebagai anak bangsa dan elemen masyarakat, marilah kita terus merefleksikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila,” ajak suami Ir Miky Junita Linda Wenur, MAP (MJLW), bakal calon Wali Kota Tomohon ini.

Diskusi tersaji dialogis, disertai dengan kuis untuk menjawab pertanyaan, sekaligus diwarnai beragam usulan dari peserta.

Mencuat dalam sosialisasi tersebut bersekitar pada RUU tentang Haluan Ideologi Pancasila, proses-proses perumusan Pancasila Sebagai Dasar Negara, NKRI Sebagai Bentuk Negara dan Kemajemukan di tengah perbedaan agama, suku, adat istiadat dan budaya. Sosialisasi Empat Pilar MPR RI

Baca Juga :  Senator SBANL Ajak Masyarakat Rawat Kemajemukan Bangsa

Terpantau hadir, antara lain, Ketua BPMW Kawangkoan Dua yang juga Ketua Badan Kerjasama Antar Umat Agama (BKSAUA) Kecamatan Kawangkoan, Pdt. Christian Luwuk, MTh, Tokoh Masyarakat Kawangkoan dan mantan anggota DPRD Minahasa dua periode, Febry FH Suoth, SSos, sederetan tokoh Pemekaran Kecamatan Kawangkoan dan Panitia Pembentukan DOB Kabupaten Minahasa Tengah, Lurah Uner Meidy Saada.

Tampak pula, Generasi Muda Kawangkoan yang adalah Pengurus KNPI Kabupaten Minahasa Vanny Lapian dan peserta lainnya.

Pelaksanaan sosialisasi di dua lokasi tersebut terpantau menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Selain lokasi lebih dulu disemprotkan disinfektan, semua peserta menggunakan masker, juga duduk dengan jarak minimal dua meter.

Sebelum masuk, semua peserta diwajibkan cuci tangan dengan air mengalir pakai sabun dan diukur suhu tubuh dengan thermo gun.

Penulis: Herly Umbas

News Feed