oleh

Bawaslu Minut Gelar Rapat Koordinasi Sentra Gakkumdu

Airmadidi,Fajarmanado.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Minahasa Utara menggelar rapat koordinasi Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) bersama Polres dan Kejaksaan negeri Airmadidi, Rabu (23/6).

Rocky M Ambar, SH LL.M menuturkan, rapat koordinasi perdana ditengah pandemi covid 19 ini bertujuan untuk menayatukan persepsi antar tiga lembaga yakni, Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan dalam menghadapi Pilkada 9 Desember mendatang.

“Pertemuan ini sangat strategis untuk penyelarasan dan penyatuan persepsi dalam melakukan penindakan terhadp pelanggaran Pemilu disaat pelaksanaan Pilkada 9 Desember nanti.’ujar Ambar.

Koordinator divisi hukum, penindakan pelanggaran dan penyelesaian sengketa Bawaslu Minut ini menjelaskan, Bawaslu, Kepolisian, dan Kejaksaan menjadi kekuatan besar pengawasan dan penindakan terhadap pelanggaran pemilu. Ketiga insitusi itu telah disatukan untuk bekerja sama melalui Undang-undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu dengan bingkai Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu).

“Kami menyadari betul kehadiran Sentra Gakkumdu ini sangat penting dan tak bisa dipisahkan. Selain kepentingan teknis dari UU, tujuannya juga menyelamatkan proses tindak pidana pemilu,”jelas Ambar.

Penulis : Joel Polutu

News Feed