oleh

Sukses Digelar Bhakti Sosial Forkopimda di Belang

Belang, Fajarmanado.com – Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Sulawesi Utara (Sulut) menggelar kegiatan bakti sosial dalam rangka Bulan Suci Ramadhan dan Peduli Masyarakat Pesisir yang terdampak COVID-19, di pelabuhan Belang, Desa Borgo Satu, Kecamatan Belang, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Senin (20/4/2020) sukses digelar.

Terpantau hadir dalam kegiatan tersebut Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, Ketua DPRD Sulut Andre Angouw, Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Santos Gunawan Matondang, Kapolda Sulut Irjen Pol Royke Lumowa, Komandan Lantamal VIII/Manado Brigjen TNI (Mar) Donar Philip Rompas, Danlanud Sam Ratulangi Manado Kolonel Pnb Johnny Sumaryana, Kepala Pengadilan Tinggi Sulut Lukman Bachid, Kajati Sulut Andi Muh. Iqbal Arif, Dirpol Airud Polda Sulut Kombes Pol Edward Indarmawan.

Rombongan Forkopimda Sulut disambut langsung oleh Bupati Mitra James Sumendap, Wakil Bupati Mitra Jesaja Legi, Ketua DPRD Mitra Marty Ole, Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf Slamet Raharjo, Kapolres Mitra AKBP Robby Rahardian, Sekda Mitra David Lalandos, dan jajaran Forkopimda Mitra lainnya.

Baca Juga :  Sejumlah Pencinta Alam Bersihkan Gunung Soputan

Sementara dalam sambutannya, Bupati Mitra James Sumendap mengatakan, dalam rangka memerangi COVID-19 Kabupaten Minahasa Tenggara telah dan terus melakukan sosialisasi, sambil bekerja sama dengan Polres Mitra dan Kodim 1302 Minahasa, termasuk TNI AL yang ada di pos pelabuhan Belang, serta DPRD Mitra, kecuali satu orang oknum anggota DPRD Mitra yang menjadi provokator dan jika memenuhi unsur agar di proses secara hukum.

Lanjut dijelaskannya bahwa Kabupaten Mitra sudah mempunyai tempat karantina yang berada RSUD Mitra Sehat.

“Saat ini ada 9 orang yang di karantina dan masyarakat yang masuk di Mitra akan di karantina sesuai prosedur,” ujarnya.

Dirinya kemudian menjelaskan bahwa untuk hasil pertanian berjalan seperti biasa, begitu juga dengan aktivitas nelayan.

“Mitra ada lima pos penjagaan dan seluruh pegawai yang bekerja di Mitra semua sudah tinggal di Mitra. Ini untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19,” pungkas James Sumendap.

Di lain pihak, Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam sambutannya mengatakan bahwa semua pihak patut bersyukur karena Forkopimda Sulut melakukan bhakti sosial dan juga memantau wilayah Provinsi Sulut, dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19.

Baca Juga :  Camat Belang Munira Bin Ali Tak Henti Hentinya Imbau Warga Untuk Taati Protokol Kesehatan

Dirinya menjelaskan bahwa di beberapa negara yang tidak siap menghadapi COVID-19 sudah banyak yang menjadi korban, termasuk Amerika Serikat yang merupakan negara adikuasa.

“Kita bersyukur perkembangan COVID-19 di Sulut lambat. Untuk itu diharapkan kerja sama dari masyarakat untuk memutuskan penyebaran COVID-19,” tandas Olly Dondokambey.

Menurutnya, semua elemen masyarakat akan menerima bantuan dari pemerintah, termasuk yang berasal dari luar daerah Sulut.

Dirinya berharap agar jika ada masyarakat yang datang dari luar daerah, wajib masuk ke rumah singgah selama dua minggu.

“COVID-19 juga berdampak pada perekonomian kita, untuk itu kita tetap harus saling tolong-menolong,” tutup Gubernur Sulut.

Adapun dalam kegiatan bakti sosial ini diserahkan kepada masyarakat bantuan sekira 150 paket, dengan rincian Beras 5 kg, Ikan Sarden 5 Kaleng, Mie Instan 5 Bungkus, Masker 5 buah, Minyak goreng 1 Liter, dan Vitamin 1 strip.

Penulis : Didi Gara

News Feed