Cek Kesiapan Pengamanan Pemilu 2019, Kapolda Sulut Kunjungi Polres Minahasa

Tondano, Fajarmanado.com — Kapolda Sulut Irjen Pol R Sigid Tri Hardjanto, MSi berkunjung ke Mapolres Minahasa, Tondano, Kamis (14/2/2019), siang tadi.

Kunjungan kerja Kapolda tersebut dalam rangka untuk mengecek kesiapan pengamanan Pemilu 2019.

Tiba di Mapolres, Kapolda Sigid Hardjanto langsung memeriksa administrasi serta kesiapan personel. Satu per satu personel yang dilibatkan dalam pengamanan, ditanya oleh Kapolda mengenai tugas, hak dan kewajiban dalam pengamanan Pemilu.

“Saya sengaja ke sini (Polres Minahasa) untuk mengecek kesiapan dan pengetahuan personel dalam pengamanan (Pemilu) nanti,” ujarnya saat apel di halaman Mapolres.

Kapolda juga mengingatkan Kapolres Minahasa, agar memastikan anggota yang akan melaksanakan pengamanan harus tahu berapa TPS (Tempat Pemungutan Suara) yang akan diamankan.

“Kenali petugas Linmas (Perlindungan Masyarakat) dan PPS (Panitia Pemungutan Suara) di TPS setempat,” jelasnya.

Selain itu, Kapolda juga menegaskan agar para personel benar-benar memahami pola-pola pengamanan yang akan diterapkan. Pola yang di maksud, di antaranya TPS klasifikasi kurang rawan, pola pengamanan 2-8-16 (2 polisi menjaga 8 TPS dibantu 16 Linmas).

Klasifikasi TPS rawan, polanya 2-2-4 (2 polisi menjaga 2 TPS dibantu 4 Linmas). Sedangkan TPS sangat rawan, menggunakan pola 2-1-2 (2 polisi menjaga 1 TPS dibantu 2 Linmas). “Setiap mengamankan harus ada rekan yang diajak berdiskusi,” saran Kapolda.

Sementara itu data diperoleh dari Polres Minahasa, jumlah pemilih sebanyak 258.305 (130.479 pria, 127.826 wanita). Jumlah TPS di Kabupaten Minahasa sebanyak 1.029, sedangkan TPS di wilayah hukum Polres Minahasa 683 dan jumlah Caleg 343 orang.

Turut mendampingi Kapolda dalam kunjungan tersebut, yakni Kabid Propam, Kombes Pol Dheny Dariady, Kabid Humas, Kombes Pol Ibrahim Tompo, Kabag Dalops Biro Ops Polda Sulut AKBP Ventje Lapod, Kabag Bin Ops Biro Ops Polda Sulut AKBP Hansye Ratag dan Kapolres Minahasa, AKBP Denny Situmorang.

Penulis: Fiser Wakulu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *