oleh

Jadi Event Tetap Pemkot Manado, Tulude Bakal Digelar di Lapangan Tikala

Manado, Fajarmanado.com – Demi suksesnya pelaksanaan pesta Adat Tulude, Pemerintah Kota Manado bersama Ikatan Kekeluargaan Indonesia Sangihe Sitaro Talaud (IKISST) Provinsi Sulawesi Utara, dan Panitia Pelaksana, mengadakan Rapat Pematangan.

Rapat yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kota Manado Mickler Ch. Lakat, SH, MH, didampingi Asisten II dr. Robby Mottoh, Kepala Dinas Pariwisata Dra. Neivi Lenda Pelealu, M.Si, Sekretaris IKISST Provinsi Sulut Stenly Patimbano, bertempat di Ruang Toar Lumimuut (Tolu), Jumat (18/1/2019).

“Pesta Adat Tulude yang adalah budaya masyarakat Nusa Utara, telah menjadi agenda tahunan dan event pertama Pemerintah Kota Manado, dan ini event Untuk itu, Pemkot Manado bekerjasama dengan IKISST Sulut, siap untuk menyukseskan pelaksanaan pesta Adat Tulude yang rencananya akan digelar pada tanggal 14 Februari 2019,” kata Mickler Lakat.

“Pesta Adat Tulude, rencananya akan dihadiri oleh masyarakat Nusa Utara dari berbagai daerah diluar Kota Manado. Dalam pertemuan tadi ada sekitar 5.000 orang yang akan hadir,” tambah Mickler Lakat.

Hal senada juga disampaikan oleh Lenda Pelealu, bahwa Dinas Pariwisata akan mensuport pelaksanaan Pesta Adat Tulude pada tanggal 14 Februari 2019, karena selain melastarikan budaya masyarakat Nusa Utara, juga memiliki potensi untuk meningkatkan arus kunjungan wisatawan domestik maupun manca negara di Kota Manado.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pihak IKISST dan juga panitia, agar supaya pesta Adat Tulude dikemas sedemikian rupa tanpa meninggalkan makna hakiki yang terkandung didalam budaya masyarkat Nusa Utara,” ujar Lenda Pelealu.

Sementara itu, Ketua IKISST Provinsi Sulut Prof. DR. Urbanus Naharia, didamping Ketua Panitia Max Tatahede, dan Sekretaris Panitia Pontowuisang Kakauhe, kepada awak media, menjelaskan, pesta Adat Tulude yang rencana akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2019, bertempat di Lapangan Sparta Tikala Manado.

“Tadi kami sudah bertemu dengan Pak Walikota Manado DR. Ir. G. S. Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA, untuk membahas persiapan pelaksanaan Tulude, termasuk tempat pelaksanaan kegiatan. Pak Walikota meminta tempat pelaksanaan Tulude di Lapangan Sparta Tikala Manado,” ungkap Urbanus Naharia.

“Nantinya kue Tamo dan para pengiringnya akan berjalan dari gereja GMiM Sentrum menuju lapangan Sparta Tikala,” pungkas ketua IKISST Sulut.

 

Penulis: Jones Mamitoho

News Feed