SKD CAT CPNS Pemprov Sulut Dimulai, Hanya 1 dari 200 Peserta yang Lulus

Manado, Fajarmanado.com — Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Pemprov Sulut) untuk.mengisi kuota 417, resmi dimulai, Rabu (31/10/2018).

Seleksi Kompetesi Dasar (SKD) melalui sistim Computer Assist Test (CAT) bagi 2.859 pelamar lolos seleksi administrasi dilakukan bertahap 200 peserta setiap hari di Kantor BKN Regional XI Manado di Mapanget.

Namun hasil tes hari pertama yang dibuka Gubernur Olly Dondokambey, SE tadi, sangat mengejutkan. Pasalnya, hanya satu peserta yang melampaui passing grade, yakni atas nama Revi Wantalangie.

Revi meraih nilai tes wawasan kebangsaan 100, tes intelejensi umum 90 dan tes karakter pribadi 144 dengan nilai 334. Sementara, sesuai passing grade, standar minimal tes wawasan kebangsaan adalah 75, intelejensi umum 80 dan karakter 143.

Para peserta lainnya tak mampu memenuhi standar minimal ke tiga kategori tes tersebut. Padahal, tak sedikit yang nilainya tinggal terpaut sedikit di bawah standar.

Sidney Manueke, misalnya, gagal hanya karena tidak mencapai nilai minimal tes intelejensia umum padahal hanya terpaut dua poin.

Gubernur Olly mengatakan, seleksi CPNS 2018 tidak bisa berharap bantuan orang lain atau koneksi. Penentunya amat bergantung pada kemampuan para calon.

Seleksi CPNS saat ini, lanjutnya, sangat transparan dan terbuka, siapa saja bisa melihat. Karena, dengan menggunakan teknologi  berbasis komputer atau CAT, hasil seleksi langsung terekspos melalui layar komputer.

Yang melaksanakan adalah Badan Kepegawaian Negara (BKN) sehingga tidak akan ada lagi titipan-titipan untuk bisa memuluskan langkah seseorang menjadi CPNS.

“Sistem penerimaan CPNS sekarang tidak seperti dulu lagi. Tidak ada lagi minta tolong ke orang lain supaya bisa lulus. Kuncinya harus giat belajar,” jelasnya.

Olly juga berpesan kepada seluruh peserta agar berdoa sebelum mengerjakan soal. Ia berharap hasil seleksi setiap peserta dapat memenuhi batas nilai yang ditentukan.

“Saya mengimbau kepada adik-adik untuk berdoa dahulu supaya Tuhan memberkati dengan rahmat dan kasihNya sehingga semuanya bisa memenuhi passing grade,” kata Olly.

KAepala Kantor Regional XI BKN Manado, Wakiran mengatakan tes CPNS Pemprov Sulut bakal diikuti sebanyak 2.589 peserta yang akan mengisi kuota sebanyak 417 CPNS. Tes ini berlangsung empat sesi setiap harinya diisi 200 seat.

“Untuk Pemprov Sulut berlangsung selama empat hari. Setelah itu tes CPNS Kabupaten/Kota,” beber Wakiran.

Sementara, Kepala BKD Sulut Femmy Suluh mengatakan, tes SKD memiliki tiga bobot penilaian penting.

“Tes wawasan kebangsaan, tes intelegensi umum dan tes kepribadian,” kata Femmy.

Lanjut Femmy, tiap item penilaian, memiliki standar nilai. Peserta yang tidak mencapai standar nilai tidak lolos.

“Kalau kebangsaan bobotnya 75, kepribadian 143 dan intelegensi 80,” ungkap Femmy.

Lebih lanjut, Femmy menerangkan, setelah lolos dari tes SKD dan memenuhi passing grade, para peserta akan menghadapi seleksi kompetensi bidang. Nantinya para peserta akan diuji menurut bidang masing masing. Tes ini menjadi penentu kelulusan menjadi CPNS.

Pembukaan tes seleksi CPNS 2018 turut dihadiri Sekdaprov Edwin Silangen, SE, MS, para pejabat di lingkup Pemprov Sulut, Kantor Regional XI BKN dan para peserta tes seleksi CPNS.

Penulis: Herly Umbas