oleh

Wakapolda Sulut, Kepala SPN dan 4 Kapolres Ini Resmi Berganti

Manado, Fajarmanado.com — Jabatan Wakapolda Sulawesi Utara (Sulut), Kepala SPN Karombasan bersama empat Kapolres di wilayah Polda Sulut resmi berganti, Senin (29/10/2018).

Upacara Serahterima Jabatan (Sertijab) Wakapolda dari Brigjen Drs Johni Asadoma, MHum kepada Brigjen Karyoto, SIK dipimpin Kapolda Irjen Bambang Waskito di Aula Catur Prasetya Mapolda, Jalan Bethesda Manado. Sertijab dilakukan berdasarkan Telegram Kapolri nomor: ST/2593/X/KEP/2018.

Brigjen Karyoto sebelumnya bertugas sebagai Analisis Kebijakan Utama Bidang Pidkor Bareskrim, sementara Brigjen Johni Asadoma dimutasikan sebagai Wakapolda NTT.

Selain jabatan Wakapolda, Kapolda Bambang Waakito juga melakukan Sertijab Kepala SPN Polda Sulut di Karombasan Manado, Kapolres Bitung, Kapolres Minahasa, Kapolres Kepulauan Talaud dan Kapolres Tomohon.

Sertijab yang berlangsung di ruang lain Mapolda Sulut tersebut berdasarkan Surat Telegram Kapolri nomor: ST/2593, 2595, 2597 dan 2598/X/KEP. /2018, tentang Pengabaran dalam dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Polri.

Kepala SPN Polda Sulut, Kombes Pol. Dra. Henny JA Posumah, MM dimutasikan sebagai Kasepolwan Lemdiklat Polri, digantikan Kombes Pol. Joko Surachmanto, SH, MH, yang sebelumnya sebagai Dosen Utama Akpol Lemdiklat Polri.

Kapolres Bitung, AKBP Filemon Ginting, SIK, MH, dimutasikan sebagai Kabagbinkar Ro SDM Polda Riau, digantikan AKBP Stefanus Michael Tamuntuan, SIK, M.Si, yang sebelumnya menjabat sebagai Kasatreskrim Polres Metro Jakarta Selatan Polda Metro Jaya.

Kapolres Minahasa, AKBP Christ Reinhard Pusung, SIK, dimutasikan sebagai Kasubbagada Baglog Korbrimob Polri, digantikan AKBP Marojahan Denny Irawan Situmorang, SIK, yang sebelumnya sebagai Kapolres Talaud Polda Sulut.

Kapolres Talaud, AKBP Marojahan Denny Irawan Situmorang, SIK, dimutasikan sebagai Kapolres Minahasa Polda Sulut, digantikan AKBP Prasetya Sejati, SIK, yang sebelumnya dianggap sebagai Kasubditregident Ditlantas Polda Sulut.

Kapolres Tomohon, AKBP I Ketut Kusmayadi, SIK, dimutasikan sebagai Wadir Intelkam Polda Gorontalo, digantikan AKBP Raswin Bachtiar Sirait, SIK, SH, MSi, yang sebelumnya Kasubdit III Ditresnarkoba Polda Sulut.

Kapolda Waskito mengatakan, mutasi personel merupakan hal yang biasa namun penting untuk tetap dilakukan.

“Hal-hal yang menunjukkan adanya dinamika organisasi dalam rangka penyegaran pribadi dan pengembangan organisasi, termasuk dari perubahan-perubahan menuju Polri yang mandiri dan profesional,” paparnya.

Ia menjelaskan, proses pergantian pejabat di lingkungan Polri adalah sebagai bentuk dari kepemimpinan Polri kepada personel Polri yang berprestasi dan berdedikasi dalam melaksanakan tugas.

“Saya selaku pimpinan Polda Sulut, penghargaan dan terima kasih yang sebesar-atas kinerja, dedikasi dan pengabdian yang telah diberikan selama upacara di Polda Sulut,” katanya.

Sementara itu mantan Wakapolda, Brigjen Johni Asadoma  mengucapkan terima kasih dan menghargai kepada semua pihak yang telah membantu tugas-tugasnya di Kepolisian.

“Saya bersyukur kepada Tuhan bisa mengabdi di Sulawesi Utara ini, banyak hal yang saya dapatkan disini, masyarakat Sulut adalah masyarakat yang cinta damai, penuh persaudaraan, menerima semua orang dengan senang hati. Tanpa Meminta masyarakat, kondisi kamtibmas di Sulut tidak akan mencapai,” paparnya.

Kapolda Waskito juga menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih yang sebesar-atas kinerja, dedikasi dan pengabdian yang telah diberikan para Pejabat yang mutasi.

“Saudara-saudara sudah banyak melakukan, menata dan membenahi satuan kerja masing-masing dengan menunjukkan loyalitas dan rasa tanggung jawab yang tinggi, sampai saat ini, kondisi yang saudara pimpin dan gambarnya tetap dalam keadaan aman, kondusif dan terkendali,” ungkapnya.

Penulis: Herly Umbas

News Feed