oleh

Hebat..! Minahasa Bebas Bacaleg Mantan Napi Koruptor

Tondano, Fajarmanado.com — Mahkamah Agung (MA) resmi membatalkan larangan mantan narapidana korupsi masuk daftar Bakal Calon Legistatif (Bacaleg) Pemilu 2019. Namun polemik ini ternyata tak berimbas di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara.

Hebatnya, dari 334 nama yang tercatat dalam Daftar Calon Sementara (DCS) Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019, ternyata tak seorang pun yang berstatus mantan narapidana (Napi) kasus korupsi.

Kepastian tersebut dibuktikan dalam kelengkapan berkas Bacaleg, yang di dalamnya terdapat surat keterangan dari pengadilan.

“Tidak ada Bacaleg mantan Napi Koruptor di Minahasa. Telah kami periksa dalam berkas masing-masing yang diterbitkan pengadilan,” ujar Ketua Divisi Hukum, Keuangan dan Logistik KPU Minahasa, Rendy Suawa kepada Fajarmanado.com di Tondano, Selasa (18/9/2018).

Baca Juga :  Libur Panjang, Kapolres Henzly Sebut Akan Gelar Operasi Justisi dan Rapid Tes

Menurut Suawa, proses tahapan menuju penetapan Daftar Caleg Tetap (DCT), berjalan sesuai jadwal di Minahasa. Bahkan, sampai saat ini tidak ada tanggapan masyarakat yang masuk kepada pihaknya terkait pengumuman DCS yang diumumkan beberapa waktu lalu.

“Jadwalnya kami akan melakukan pengumuman DCT pada tanggal 20 September,” ungkapnya.

Sebelumnya, lanjut dia, pihaknya telah memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk memberi tanggapan.

“Namun sampai saat ini tidak ada. Kalau ada tanggapan, pasti akan kami klarifikasi kepada Bacaleg yang bersangkutan,” jelasnya.

Baca Juga :  Hore! 191 CPNS dan PPK Minahasa Terima SK

Suawah juga mengajak seluruh elemen masyarakat Minahasa untuk mensukseskan pesta demokrasi Pemilu 2019 mendatang.

Berbeda dengan Pemilu-Pemilu sebelumnya, Pemilu 2019 pada 17 April mendatang, masyarakat akan memilih wakil rakyat dari jenjang DPRD Kabupaten/Kota, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD RI, dan memilih pasangan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia.

“Partisipasi masyarakat dalam ajang pesta demokrasi adalah salah satu indikator sukses tidaknya penyelenggaraan. Karena itu, masyarakat harus berperan aktif mensukseskan hajatan ini,” ajak Suawa.

Penulis: Fiser Wakulu

News Feed