oleh

Unggul Debat Pilkada Terakhir, Ivansa Kutip Bung Karno

Mandolang, Fajarmanado.com — Debat putaran ketiga Pilkada Minahasa 2018 sukses digelar KPU Minahasa di Ballroom Hoterl Mercure Taleli, Kecamatan Mandolang, Minahasa, Rabu (20/6/2018) siang tadi.

Dipandu moderator Dr Fitri Herawati Mamoto SAG MAP, debat terakhir yang dibuka Ketua KPU Dra Wisye Wilar MSi itu tersaji hangat diwarnai yel yel pendukung dua pasangan calon (Paslon), nomor urut satu (1) Ivan Sarundajang – Careig Naicel Runtu (Ivansa-CNR) dan Paslon nomor urut dua (2) Roy O. Roring- Robby Dondokambey (RR-RD).

Debat yang ikut disaksikan Pj Bupati Roy Mewoh dan Forkompimda Minahasa kali ini mengusung tema; ‘Reformasi birokrasi pelayanan publik, tatakelola pemerintahan, penegakan hukum dan pemberantasan korupsi.

Ketua KPU Minahasa, Dra Wisje Wilar MSi membuka dengan ajakan supaya segenap masyarakat Minahasa menyukseskan hajatan lima tahunan ini. “Mari kita sukseskan Pilkada Minahasa tahun 2018,  yang kredibel dan aman, serta menjunjung tinggi asas demokrasi,” ujar Wilar.

Sebagaimana dua kali debat sebelumnya, ke dua paslon diberi kesempatan memaparkan kembali visi misi. Yel yel dukungan sontak menggema di antara para pendukung.

Mendapat kesempatan pertama, Paslon nomor urut satu diwakili CNR dan Paslon Dua oleh RD.

Baca Juga :  Cekcok Saat Pesta Miras, Badik Besi Putih Makan Korban, Satu Tersangka Diburu Polisi
Careig Naichel Runtu SIP ketika menyampaikan visi misi pada debat putaran terakhir Pilkada Minahasa 2018 di Ballroom Mercure Hotel Tateli, Mandolang, Rabu (20/6/2018), siang tadi.

Seperti halnya performanya pada dua debat sebelumnya, CNR tampil percaya diri. Sambil bediri, Ketua DPD II Partai Golkar ini memaparkan visi misi paslon berjagon Bersatu secara lugas tanpa teks.

Menyusul kemudian, RD memaparkan visi misi paslon yang lebih dikenal dengan sebutan RED ini. Sambil duduk, kakak kandung Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE itu terlihat membaca visi misi paslon usungan PDI Perjuangan, Gerindra, Demokrat dan Hanura tersebut.

Sesuai dengan tema debat, CNR dengan tegas mengungkapkan bahwa dirinya serta IvanSa sepakat untuk menjadikan Kabupaten Minahasa berbuadaya, beradab dansejahtera.

“Mari kita wujudkan tatakelola pemerintahan yang baik dan bersih di daerah tercinta kita ini,” ungkap putra dari mantan Bupati Kabupaten Minahasa dua periode Stevanus Vreeke Runtu.

Sementara calon wakil bupati nomor urut dua, RD mengatakan bahwa Minahasa harus menjadi sejahtera serta masyarakatnya taat hukum. “Pelayan publik dan tatakelola pemerintahan yang diringi dengan pemerintahan yang anti korupsi harus berjalan dengan baik,” ujarnya.

Baca Juga :  Libur Panjang, Kapolres Henzly Sebut Akan Gelar Operasi Justisi dan Rapid Tes

Kian menarik lagi, saat clossing statemen, Ivansa sempat mengutip ungkapan Bung Karno yang mengatakan, berilah saya 10 pemuda maka saya akan guncangkan dunia.

Sementara ROR memaparkan, apabila diperkenankan memimpin Minahasa makan RR-RD akan memnerapkan beebagai program untuk kepentingan pendidikan dan kesejahteraan masyarakat.

Secara keseluruhan, Paslon Ivansa-CNR dinilai unggu dalan debat pilkada Minahasa 2018 yang terakhir ini. Paslon usungan Partai Golkar, NasDem dan PKP Indonesia itu menguasai semua materi yang disodorkan panelis, antara lain, Dr Ferry Liando dan Toar Palilingan SH MH.

“Saya bangga dan kagum sekali. Pak Ivan dan Pak Careig tampil luar biasa, menguasai semua materi. Ya, memang tak heran, mereka berdua berada dalam pemerintahan di Minahasa dalam lima tahun terakhir,” komentar Johan Watung SE.

Hadir dalam debat yang berlangsung selama 3 segmen ini, juga Komisioner KPU Provinsi Sulawesi Utara Meydi Y. Tinangon bersama tim pemenangan dari kedua Paslon, serta tamu undangan lainya.

Sementara ribuan pendukung dan simpatisan kedua paslon berjubel di luar ballroom dengan pengawasan ketat jajaran Polres Minahasa, Minut, Tomohon dan Polresta Manado.

Penulis: Fiser Wakulu

Editor   : Herly Umbas

 

News Feed