oleh

Tinangon Segera Melepas Jabatan Ketua KPU Minahasa

Tondano, Fajarmanado.com — Meidy Yafeth Tinangon memastikan segera melepas jabatan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa.

Pria familiar yang mengawali karir sebagai komisioner KPU Minahasa pada tahun 2017 saat menghadapi Pilkada 2007 ini, harus melepaskan jabatan Ketua KPU Minahasa karena berhasil masuk lima besar dalam seleksi komisioner KPU Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) periode 2018-2023, yang baru saja diumumkan, Senin (21/5/2018), kemarin.

Lantas, siapa yang bakal menggantikan posisi Meidy, sapaan akrab pria yang dikenal inovatif ini untuk melanjutkan persiapan dan pelaksanaan Pilkada 27 Juni 2018, tentu saja tengah digodok dan dipilih dari empat komisioner yang tersisa.

Namun, apabila memrioritaskan senioritas, tentu ada dua yang layak bersaing dan sudah lama berkutat pada lembaga penyelenggara dan pengawasan Pemilihan Umum (Pemilu). Yakni, Wisye Wilar dan Decky Paseki.

Baca Juga :  Libur Panjang, Kapolres Henzly Sebut Akan Gelar Operasi Justisi dan Rapid Tes

Wisye, satu-satunya komisioner wanita ini, tercatat segera mengakhiri dua periode sebagai anggota KPU Minahasa, sedangkan Decky, meski baru satu periode di KPU Minahasa namun sempat dua periode mengabdi di Panwaslu Minahasa.

Menanggapi penggantian dirinya, Meidy Tinangon tak mensfikkan. seuai jadwal, kata dia, calon anggota KPU Sulut akan dilantik pada hari Kamis 24 Mei 2018, lusa.

“Pengganti saya akan diketahui dalam waktu dekat ini. Karena tidak bisa rangkap jabataan disatu lembaga yang hirarki,” ujar Tinangon menjawab Fajarmanado.com di Tondano, Selasa (22/5/2018).

Baca Juga :  Hore! 191 CPNS dan PPK Minahasa Terima SK

Untuk diketahui, KPU RI telah mengeluarkan pengumuman penetapan nama-nama calon anggota KPU Provinsi periode 2018-2023 tertanggal 21 Mei 2018 dan ditandatangani Ketua Arif Budiman.

Pengumuman tersebut memuat 10 nama. Kemudian yang berada di rangking 1-5  praktis akan dilantik menjadi anggota KPU Provinsi. Meidy Tinangon sendiri berada diurutan ke 5.

Berikut nama-nama calon anggota KPU Sulut sesuai rangking.
1. Ardiles Mewoh
2. Yessy Momongan
3. Salman Saelangi
4. Lanny Ointu
5. Meidy Tinangon
6. Amrain Razak
7. Christian Pangkey
8. Helty Massie
9. Deiby Londok
10. Rully Halaa

Penulis: Fiser Wakulu

Editor   : Herly Umbas

News Feed