oleh

80.271 Jiwa DPT Pilkada Minahasa Tenggara

Ratahan,Fajarmanado.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Tenggara menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) berjumlah 80.271 jiwa, untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak.

“Sesuai dengan tahapannya, maka kami telah menetapkan DPT khusus untuk Pilkada di Kabupaten Minahasa Tenggara berjumlah 80.271 orang,” kata Ketua KPU Minahasa Tenggara Ascke Benu didampingi para komisioner lainnya di Ratahan, Kamis.

Dia menjelaskan, DPT yang ditetapkan tersebut berdasarkan pemutahiran Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang sebelumnya berjumlah 81.322 jiwa.

“Dari hasil pemutahiran ini maka didapatkan DPT yang bisa menggunakan haknya untuk memilih pada Pilkada sesuai dengan ketentuan,” katanya.

Sementara itu Komisioner KPU Minahasa Tenggara Devisi Data Helti Massie mengungkapkan, dalam pleno telah tersebut mencoret sejumlah pemilih yang tidak masuk dalam `database` kependudukan, sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2017 tentang pemutahiran data pemilih

“Kami juga sesuai aturan PKPU harus mencoret dari DPT pemilih yang tidak masuk database kependudukan. Dan dibuatkan berita acara yang ditanda tangani bersama Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil,” katanya.

Namun menurut Helti pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Minahasa Tenggara tidak menandatangani berita acara tersebut.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Minahasa Utara ketika dihubungi mengungkapkan, pihaknya tidak mempunyai wewenang untuk menandatangani berita acara tersebut.

“Kami dalam hal ini tidak berwenang untuk ikut menandatangani persetujuan atau kesepakatan atau berita acara rapat yang berisi penghapusan pemilih. Atau menambah pemilih, atau apa pun terkait penetapan pemilih,” ujarnya.

Penulis : Didi Gara

News Feed