Alot, Debat Paslon Bupati dan Wakil Bupati Minahasa

Tondano, Fajarmanado.com – Debat calon Pilkada Minahasa  2018 berlangsung alot di Ballroom Mercure Hotel Tateli, Mandolang, Minahasa, Jumat (23/3/2018), sore tadi.

Dipandu moderator, Dr Magdalena Sulut, debat yang digagas dan diselenggarakan Komisi Pemulihan Umum (KPU) Minahasa ini menghadirkan dan melibatkan dua pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Minahasa periode 2018-2023. Yakni,  Ivan SJ Sarundajang dan Careig Naicel Runtu (IvanSa-CNR), Paslon nomor urut 1 dan satu-satu rivalnya, Royke Roring dan Robby Dondokambey (RR-RD) sebagai Paslon nomor 2.

Pada kesempatan tersebut, Ketua KPU Minahasa, Meidy Tinangon mengatakan bahwa debat tersebut merupakan rangkaian dari tiga agenda debat yang telah dijadwalkan.

“Dalam tahapan Pilkada, kita telah jadwalkan tiga kali debat. Ini yang pertama. Dalam debat ini, bisa juga dijadikan sebagai sarana pendidikan berpolitik bagi masyarakat Minahasa,” ujar Tinangon.

Tinangon mengatakan, masyarakat Minahasa tentu memiliki pilihan yang berbeda. Namun perbedaan tersebut bukanlah alasan untuk memecah belah persatuan yang telah tercipta. Karena itu rasa saling menghargai harus terus dijaga. “Pupuk terus rasa kekeluargaan dan persatuan,” jelasnya.

Debat terpantau berlangsung alot dan seru. Ribuan pendukung simpatisan ke dua Paslon menyemut sampai di halaman hotel sambil meneriakkan yel-yel masing-masing tanpa diwarnai insiden sekecil apapun.

Saat penyampaian program dan debat, ke dua Paslon memaparkan kiat masing-masing untuk memajukan Kabupaten Minahasa, yang relatif agak terkendalanya dibanding daerah-daerah pemekaran.

Berbagai isu terkait bagaimana memajukan dunia pendidikan, perekonomian serta meningkatkan kesejahteraan serta taraf hidup masyarakat diulas oleh kedua paslon tersebut.

Debat tersebut dihadiri oleh penjabat Bupati Minahasa, Roy Mewoh, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, pendukung kedua Paslon yang terundang, Pimpinan Panwaslu Minahasa serta pihak-pihak terkait lainya yang terundang.

Penulis: Fiser Wakulu