oleh

Hadiri Penyerahan PTSL, Asisten II Apresiasi Pemerintah Pusat

Tomohon, Fajarmanado.com – Wali Kota Tomohon Jimmy Feldie Eman SE Ak mengutus Asisten II Bidang Perekonomian Setda Kota Tomohon Max M. Mentu, SIP MSi menghadiri acara Penyerahan Simbolis Sertifikat Pendataan Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun anggaran 2017 di Kota Tomohon.

Mentu pun mengungkapkan apresiasi Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon terhadap program dari pemerintah pusat ini karena sangat baik, di mana sangat menguntungkan bagi pemerintah dan warga masyarakat kota yang dikenal dengan even pariwisata bunga ini.

“Lewat program ini, bagi yang belum memiliki bukti kepemilikan tanah dapat memanfaatkan kesempatan untuk membuat sertifikat tanah,” ujar Mentu.

Lanjut Mentu, adapun regulasinya yang telah ditetapkan mengenai administrasi, yaitu untuk pengurusan di kelurahan yang nominalnya telah ditentukan dan disamaratakan bagi setiap kelurahan.

“Jadi tidak ada tindakan pungli atau oknum-oknum yang menyalahgunakan program itu untuk meminta biaya yang tinggi atau yang tidak wajar dalam pengurusan sertifikat karena sudah jelas disosialisasikan dan diinformasikan sejak tahun yang lalu sebelum program ini dijalankan.

Mentu lebih jauh menjelaskan, program PTSL merupakan langkah strategis dalam mendukung proses pelayanan pada masyarakat.

“PTSL adalah program dari Presiden Joko Widodo kepada badan pertanahan nasional (BPN) melalui program nawa cita Presiden Dan Wakil Presiden RI. Memiliki sertifikat tanah tentu sangat berharga, setidaknya ada kejelasan status dari tanah yang dimiliki lewat sertifikat tersebut,” jelasnya.

“Seperti diketahui bahwa permasalahan yang terjadi di lingkungan masyarakat yang diakibatkan karena masalah tanah, dimana tidak ada kejelasan status dari tanah yang disengketakan atau tanah tersebut tidak memiliki surat-surat yang jelas sehingga dapat menyebabkan beberapa hal yang dapat merugikan berbagai pihak,” ujarnya.

Persoalan ini, kata dia, tak jarang memicu perpecahan dalam kehidupan bermasyarakat. “Bahkan, yang paling disayangkan ada yang masih berhubungan keluarga namun terpecah karena masalah tanah,” jelasnya.

Untuk itu Mentu mengucapkan selamat kepada pihak Kantor BPN Kota Tomohon yang dapat menyelenggarakan acara ini dan bisa menyelesaikan proses penerbitan sertifikat PTSL mulai dari pendataan, pengumpulan berkas, pengukuran tanah, sampai pada tahap penerbitan sertifikat.

Apresiasi juga disampaikan Mentu kepada aparatur pemerintahan di kelurahan yang selalu proaktif menopang demi suksesnya program ini. “Sehingga pada kesempatan yang baik ini telah diserahkan 100 sertifikat tanah secara simbolis bagi perutusan dari setiap kelurahan yang ada di Kota Tomohon,” sambungnya.

Hadir dalam kegiatan ini Asisten I Drs. Octavianus DS Mandagi, Kepala Kantor BPN Tomohon Christianto Bulamei, SH, Kepala Kantor Wilayah BPN Sulut Freddy Kalintama, ST, MSi, para camat dan lurah se-Kota Yomohon serta para peserta penerima sertifikat.

Penulis: Prokla Mambo

Editor   ; Herly Umbas

News Feed