oleh

Wah..! Hasil Verifikasi Perubahan, Dua Partai Ini TMS di Minahasa

Tondano, Fajarmanado.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa akhirnya mengumumkan dan menyerahkan hasil verifikasi perubahan administrasi calon peserta Pemilu 2019 kepada enam partai politik (Parpol), Rabu (7/2/2018).

Hasil penelitian dan verifikasi perubahan berkas enam Parpol yang pada verifikasi faktual dinyatakan belum lengkap tersebut diserahkan Ketua KPU Minahasa Meidy Yafeth Tinangon SSi MSi, didampingi empat komisioner lainnya, Decky Paseki SH, Kristoforus Ngantung S..Fils, Wisye Wilar dan Lord A Malonda di Hotel Meecure.

Ketua KPU Minahasa, Meidy Yafet Tinangon, SSi, MSi mengungkapkan, ada dua Parpol yang terpaksa dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Yakni,  partai Beringin Karya (Berkarya) dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Partai Berkarya harus menerima resiko TMS karena tidak memasuki berkas perbaikan syarat keanggotaan.

Sedangkan untuk PAN, kata dia, personil Sekertarisnya belum memenuhi syarat, dan secara resmi telah mengundurkan diri. “Hasil verifikasi perbaikan ini selanjutnya akan diteruskan ke KPU Provinsi untuk diarsipkan,” kata Tinangon.

Baca Juga :  Astaga..! Dishub Minahasa Hanya Pakai Jasa Warga Kelola Parkir

Namun demikian, Tinangon mengatakan, yang akan menentukan Parpol yang layak menjadi peserta Pemilu nantinya adalah KPU RI.  “Karena Penentuan akhir ada di tangan KPU RI, karena sifatnya terpusat, penetapan juga sifatnya terpusat,” ujarnya.

Menurut Tinangon, KPU Minahasa hanya perpanjangan tangan melakukan pendaftaran dan verifikasi Parpol.

Mengenai persoalan orang yang mengisi posisi Sekretaris PAN, Tinangon mengungkapkan bahwa sampai batas akhir, belum mendapatkan jalan hukum untuk dinyatakan memenuhi syarat.

“Tentunya kami sangat berharap supaya semua masuk dalam peserta pemilu. Terakhir, kita hargai saja proses yang sedang berjalan di Panwas jika ada Parpol yang sementara lakukan gugatan,” jelas Tinangon.

Di tempat terpisah, perwakilan PAN sendiri memohon kepada KPU agar jangan cepat mengambil keputusan TMS. Karena PAN sudah sangat berupaya semaksimal mungkin, namun hanya karena salah satu oknum, PAN tidak bisa masuk sebagai peserta Pemilu.

Baca Juga :  Akhirnya, Wajah Pusat Kota Kawangkoan Berubah

“Ini dilakukan pada batas akhir, pada saat semua sudah lengkap dan memenuhi syarat, tiba-tiba sekertaris hilang kontak dengan kepengurusan Partai. Permohonan kami kepada KPU Minahasa kiranya dapat berkoordinasi dengan Panwas. Karena sangat merugikan kepada Partai,” ungkap salah satu politisi partai yang berlambang matahari tersebut.

Berikut hasil verifikasi perubahan dokumen dari enam Parpol ;
1. Partai Bulan Bintang (PBB) Memenuhi Syarat (MS)
2. Partai Beringin Karya (Berkarya) Tidak Memenuhi Syarat (TMS)
3.Partai Hati Nurani Rakyat (MS)
4.Partai Persatuan Pembangunan (PPP) (MS)
5. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) (MS)
6. Partai Amanat Nasional (PAN) (TMS)

Penulis: Fiser Wakulu

Editor   : Herly Umbas

News Feed