HUT ke-20 KKPGA GMIM di Tomohon Sukses Digelar

Tomohon Tomohon, Fajarmanado.com – Puncak perayaan Hari Ulang Tahun ke-20 KPPGA (Kerukunan Keluarga Pendeta/Guru Agama) se- Sinode GMIM dirayakan dalam bentuk ibadah syukur yang digelar di Halaman Kantor Walikota Tomohon, Sabtu (15/7/17).

Terlihat ribuan keluarga pendeta dan guru agama memadati kompleks halaman Kantor Walikota Tomohon yang tak lama lagi akan dilaunching sebagai kantor pelayanan publik. Ibadah dipimpin Ketua BPMS GMIM Pdt DR Henny WB Sumakul, dalam khotbahnya mengingatkan bagaimana meningkatkan kepelayanan yang pada intinya memuji dan memuliakan Tuhan.

Sementara itu Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak selaku Ketua Panitia HUT KPPGA Sinode GMIM tahun 2017 mengungkapkan dalam mewujudkan misi pelayanan gereja untuk melayani, bersaksi dan bersekutu tentunya nenjadi dasar sebagai hamba Tuhan yang telah terpanggil dan terpilih untuk tetap setia melayani Tuhan dalam situasi dan kondisi apapun. Dalam konteks inilah, maka sangat diperlukan kebersamaan antara para pelayan Tuhan bergandengan tangan bersama, sehingga kita saling membantu dalam pekerjaan Tuhan, karena Tuhan sudah memilih kita maka Tuhan akan berkenan dan memberkati kita sekalian.

“Dengan dibentuknya Kerukunan Keluarga Pendeta dan Guru Agama (KPPGA) Sinode GMIM dapat menjadi wahana para pelayan Tuhan untuk dapat saling berkomunikasi/sharing pelayanan dan menjalin kebersamaan di antara para hamba-hamba Tuhan,” ujar Eman. Gubernur Provinsi Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE dalam sambutannya mengatakan, momentum syukur ini diharapkan dapat memacu semangat berkarya dan melayani dalam melaksanakan tugas-tugas panggilan gereja ke depan. “Di usia ke -20 tahun tentunya menjadi pemahaman kita bersama bahwa kesemua ini boleh terjadi hanya atas berkat, tuntutan dan kasih karunia Tuhan yang kemudian harus mampu direspon positif dengan ungakapan rasa syukur lewat doa, puji-pujian dan perubahan kearah yang lebih baik,” ucap Dondokambey.

Atas nama pemerintah provinsi dan masyarakat Sulawesi Utara serta selaku pribadi dan keluarga, Olly mengucapkan selamat hari ulang tahun ke-20 kepada segenap pengurus dan anggota KKPGA GMIM, disertai ucapan terima kasih dan penghargaan kepada panitia dan segenap pihak yang telah bekerja keras sehingga kegiatan ini dapat terselenggara.

Di sela ibadah syukur, momentum perayaan HUT ke – 20 KPPGA ditandai dengan pemukulan tetengkoran, pelepasan burung merpati dan pelepasan balon oleh Ketua BPMS Sinode GMIM bersama Gubernur Sulut, Walikota Tomohon didampingi Wakil Walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan, bersama Ketua DPRD Kota Tomohon Ir Miky Wenur dan disaksikan oleh seluruh pendeta dan guru agama yang berkesempatan hadir.

Perayaan HUT KKPGA ke-20 di Kota Tomohon mendapat apresiasi positif dari seluruh peserta yang hadir maupun para tamu undangan. Perayaan HUT kali ini dinilai sukses, dan para pendeta dan guru agama yang hadir dari seluruh jemaat GMIM ini memberikan apresiasi yang tinggi kepada Walikota Tomohon selaku Ketua Panitia, atas kontribusi, dukungan dan topangan dari jajaran Pemerintah Kota Tomohon.

Keterlibatan dan partisipasi aktif seluruh pejabat dan jajaran Pemerintah Kota Tomohon sangat nyata terlihat. Ini tentunya tidak terlepas dari kepemimpinan Walikota dan Wakil Walikota Tomohon. Harapan seluruh pendeta dan guru agama se-GMIM, kiranya pada perayaan HUT KKPGA di tahun-tahun yang akan datang dapat sukses seperti pada penyelenggaraan HUT ke-20 di Kota Tomohon ini.

“Suksesnya acara ini merupakan salah satu wujud sinergitas dan kerjasama yang baik antara pemerintah dan gereja khususnya GMIM,” ujar Eman.

Hadir pula dalam ibadah syukur tersebut Ketua Kerukunan Keluarga Pendeta dan Guru Agama Pusat GMIM Pdt Thelma J Sumakul-Kaunang STh, Kapolres Tomohon AKBP I Ketut Agus Kusmayadi SIK, Anggota DPD RI Perwakilian Prov Sulut Ir Stevanus BAN Liow, unsur Forkopimda Prov Sulut dan Kota Tomohon serta seluruh pendeta dan guru agama bersama keluarga se-GMIM.

Penulis: Prokla Mambo

Editor: Jeffry Th. Pay