Mengaku Resah, VAP Sebut Perhatian Terhadap Anak-Anak Masih Kurang

Airmadidi, Fajarmanado.com—Bupati Minut Vonny Anneke Panambunan (VAP) sangat berharap Ibu Rumah Tangga (IRT) di Kabupaten Minahasa Utara (Minut) bisa menjadi teladan dalam keluarga, khususnya dalam melakukan pendidikan terhadap tumbuh kembang anak.

“Menjadi IRT itu harus mampu menjadi sosok teladan untuk bisa ikut membangun keluarga yang sejahtera. Jangan malah IRT menunjukkan sikap tidak terpuji di depan anak, karena itu akan memberi dampak yang sangat buruk bagi perkembangan psikologi dan masa depan anak,” tutur VAP di Airmadidi, Rabu (5/4/2017).

Pernyataan ini dilontarkan VAP karena dirinya menyatakan resah melihat langsung perkembangan anak-anak di Indonesia, terlebih di Minut yang kurang mendapatkan perhatian dalam sebuah keluarga.

“Sebagai kepala daerah, tentu segala perkembangan tentang anak terus saya ikuti dan cermati, baik itu dari media maupun informasi lainnya. Banyak dari anak-anak kita yang terjerumus dalam duniah kriminal padahal masih dalam usia muda,” ketus sosok bupati yang dikenal sangat peduli dan familiar ini.

VAP kemudian memberikan solusi bagi IRT untuk bisa menunjukkan teladan yang baik bagi putra-putri. Menurutnya, Jangan memanjakan anak secara berlebihan, tapi tanamkan sikap hormat pada orang tua.

“Ibu-ibu harus melindungi anak dari hal-hal buruk yang menggoda, sehingga menghindari anak dari perilaku menyimpang. Kemudian, IRT harus bisa berperan mendidik anak menjadi tiga unsur yakni sebagai pemuas kebutuhan anak, model peniruan anak, dan memberi stimulasi bagi perkembangan anak,” ujar VAP, srikandi Minut, yang juga dikenal sebagai Ketua DPD Partai Gerindra Sulut ini.

(udi)