Badan Pengawas Rumah Sakit Kunjungi RSUD Noongan

Langowan, Fajarmanado.com – Badan Pengawas Rumah Sakit Provins i(BPRS) Sulut, Kamis (30/3/2017), melakukan kunjungan kerja ke Rumah SakitUmum Daerah Noongan. Kunjungan tersebut dipimpin langsung Ketua BPRS Sulut dr Wim J. Damopolii, SpB, SpU, MM, Mkes.

Sebagaimana diketahui, Badan Pengawas Rumah Sakit Provinsi merupakan unit nonstruktural pada Dinas Kesehatan Provinsi Sulut, dan dalam menjalankan tugasnya bersifat independen.

Dalam kunjungan ke RSUD Noongan tersebut, menurut Damopolii, meskipun dalam kaitan dengan pengawasan, tapi lebih pada taraf pembinaan. Badan ini selain mengawas, juga membantu dalam mengatasi masalah rumah sakit dalam hal bila ada complain dari masyarakat.

“Badan Pengawas Rumah Sakit ini dibentuk di tingkat provinsi oleh Gubernur dan bertanggungjawab kepada Gubernur, berdasarkan pasal 59 ayat (1) dan (2) UU Nomor 44/2009 Tentang Rumah Sakit,” ujar Damopolii.

Ia menjelaskan, tugas BPRS, pertama, mengawasi dan menjaga hak dan kewajiban pasien dan Rumah Sakit di Provinsi Sulawesi Utara. Kedua, mengawasi Penerapan etika rumahsakit, etika profesi dan ketentuan peraturanperundang-undangan.  Ketiga,melakukan pelaporan hasil pengawasan  kepada Gubernur dan Badan Pengawas Rumah Sakit Pusat. Keempat, melakukan analisis hasil pengawasan dan memberikan rekomendasi kepada Pemerintah Daerah Provinsi untuk digunakan sebagai bahan pembinaan. Kelima, melakukan analisis hasil pengawasan dan memberikan rekomendasi kepada pemerintah daerah untuk digunakan sebagai bahan pembinaan. Dan keenam, menerima pengaduan dan melakukan upaya penyelesaian sengketa dengan cara mediasi.

Direktur RSUD Noongan dr Enrico Rawung, MARS, menyampaikan terima kasih atas kunjungan BPRS Sulut, karena dapat memberi motivasi dan masukan yang sangat berarti bagi kemajuan rumah sakit yang dipimpinnya.

Struktur organisasi BPRS PROVINSI SULUT:
Ketua, Dr. Wim J. Damopolii, SpB, SpU, MM, M.Kes (PERSI), Sekretaris Dr. Lidya E. Tulus, MARS (Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara), dan Anggota: Dr. Shirley Jane Palit, M.Kes (Pemerintah Daerah), Dr. B. J. Waleleng, SpPD, KGEH IkatanDokter Indonesia, Theo Dondokambey (Tokoh Masyarakat), dan Semuel Stevie Kumajas, S.Kep, NS, M.Kep (PPNI).

Jeffry Th. Pay