oleh

IPDN Tampusu Bakal Disulap Jadi Lokasi Wisata

Tondano, Fajarmanado.com – Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Kampus Regional Sulut, yang terletak di Desa Tampusu, Kecamatan Remboke, Minahasa akan dipoles sedemikian rupa hingga menjadi lokasi wisata.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Direktur IPDN Dr Noudy Tendean di Tondano, Kamis (30/03), siang tadi.

Tendean yang mantan Kaban Diklat Sulut ini mengungkapkan, letak geografis Kampus IPDN Tampusu sangat strategis untuk dijadikan lokasi agrowisata dan alam pegunungan. Pemandangan alam di lokasi kampus sangat indah.

“Ini adalah potensi yang tidak boleh disia-siakan. Apalagi sudah mendapat restu dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Waktu saya dilantik di Jatinangor, pak Mendagri mengatakan kalau ke depan, Kampus IPDN Tampusu akan dikembangkan menjadi lokasi wisata,” ujar Tendean saat  hadir dalam pelaksanaan Musrembang tingkat kabupaten.

Baca Juga :  Dua Guru Besar IPDN Jadi Narasumber UU Cipta Kerja di Manado

Tendean mengatakan, pihaknya akan menyiapkan desain untuk rencana pembangunan kawasan wisata tersebut. Gambaran umum untuk pengembangan, lanjut dia, adalah pembangunan taman, danau buatan dan infrastruktur penunjang lainnya.

Untuk danau buatan, kita memang memiliki satu spot yang bisa dijadikan kanal penahan air. Lokasinya sangat cocok karena saat musim hujan aliran air memang mengarah kesana. Itu bisa kita manfaatkan sebagai danau buatan,” jelas pria yang juga mantan Karo Pemerintahan Setdaprov Sulut ini .

Tendean juga menegaskan kalau pengembangannya akan dilakukan secara bertahap. Namun ditargetkan,pembangunan dan penataan lokasi wisata di Kampus IPDN Tampusu akan selesai dalam tiga tahun ke depan. “Anggarannya dari pusat melalui Kemendagri. Tapi tak menutup kemungkinan ada juga dana bantuan dari Pemkab Minahasa,” ungkap Tendean.

Baca Juga :  Dua Guru Besar IPDN Jadi Narasumber UU Cipta Kerja di Manado

Mantan Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sulut ini juga mengatakan kalau pengembangan Kampus IPDN menjadi lokasi wisata akan memberikan dampak positif di daerah ini. Apalagi sangat selaras dengan program Pemprov Sulut dan Pemkab Minahasa yang bertujuan menjadikan daerah ini sebagai lokasi tujuan wisata.

“Dalam Musrembang Pemkab Minahasa, kami telah usulkan supaya pihak Pemkab bisa memberikan dukungan dana ataupun hal lauinya. Misalnya infrastruktur jalan ke Tampusu diperbaiki dan juga dipasang lampu jalan,” kunci Tendean.

(fis)

News Feed