oleh

Mantiri Ingatkan PD Bitung Harus Mampu Berinovasi

Bitung, Fajarmanado.com – Wakil Wali Kota (Wawali) Bitung, Maurits Mantiri menegaskan, setiap organisasi Perangkat Daerah (PD) Kota Bitung agar mampu berinovasi dalam meningkatkan kinerjanya, menuju Bitung lebih maju dan sejahtera.

“Bukan saatnya lagi bekerja hanya sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing, namun berinovasi mencari peluang dalam memajukan konteks pembangunan Kota Bitung yang sangat diperlukan,” kata Mantiri dalam rapat evaluasi Perangkat daerah di Bitung, Senin (20/03).

Wawali mengatakan, PD harus mampu menjadi motivator menjemput bola yang berarti mampu memberikan terobosan-terobosan baru, sebagai wujud inovasi yang dibutuhkan dalam era informasi dan tehnologi.

Karena itu, lanjut Mantiri, setiap PD mampu berkoordinasi antar PD agar dapat berinovasi diberbagai bidang dalam mewujudkan sistem pemerintahan yang efisien dan efektif.

Ia meminta seluruh jajaran PD di lingkup Pemerintah Kota Ambon agar tetap memegang komitmen dalam menjalankan setiap program dan kegiatan yang telah dituangkan dalam Daftar Pelaksanaan Anggaran (DPA).

Menurut Mantiri, PD yang tidak melaksanakan tanggung jawabnya sesuai dengan peruntukan serta tidak berdasarkan pada prinsip prinsip yang ada berarti tidak bertanggungjawab, maka PD tersebut patut dievaluasi.

“Jadi di tahun ini PD lingkup kota Bitung harus kerja keras dan memegang teguh komitmen yang sudah ditetapkan. Jika masih ada yang malas, maka akan secepatnya melakukan evaluasi,”kata Mantiri.

Menurutnya, langkah tegas tersebut akan diambil guna menata sistem birokrasi yang lebih baik, untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat.

“Kalau PD sendiri yang lalai dengan aturan yang ada, maka otomatis itu salah dia sendiri, karena itu jangan salahkan pihak pemerintah jika memang PD yang malas akan ditindaklanjuti,”katanya.

Mantiri menegaskan,  sudah saatnya SKPD taat pada peraturan perundang-undangan, efisien, ekonomis, transparan dan bertanggung jawab dengan memperhatikan asas keadilan, kepatutan dan manfaat untuk masyarakat sekaligus dapat mendorong percepatan penurunan angka kemiskinan dan pengangguran.

(risma tofan)

News Feed