Antisipasi Banjir, Pemkot Bitung Akan Membangun 13 Sabodam

Bitung, Fajarmanado.com – Pemkot Bitung akan membangun 13 Sabodam untuk mengantisipasi kemungkinan terjadi kembali bencana banjir di Kota Pelabuhan ini.

Kondisi topografi Kota Bitung, mempunyai kemiringan tanah yang cukup terjal akan berdampak terendamnya banjir beberapa wilayah dataran rendah apabila curah hijan tinggi.

Wakil Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri mengatakan kepada wartawan di Bitung, Jumat (17/2), pembangunan Sabodam itu akan ditempatkan di titik-titik rawan banjir, sehingga aliran air akibat intensitas hujan yang tinggi bakal menuju ke Sabodam.

Mantiri mengatakan, perbaikan tiga Sabodam akan menggunakan dana tanggap darurat dan sepuluh lainnya menggunakan dana APBD Kota Bitung tahun 2017 yang diharapkan mampu mengeliminir air yang mengalir ke daratan yang lebih rendah.

Didampingi Dandim Kota  Bitung Deden Hendayana, Mantiri lebih  lanjut mengatakan, pemerintah kota Bitung telah menunjukkan beberapa tenaga ahli untuk melakukan penelitian dan hasil penelitian itu akan menjadi rekomendasi bagi pemkot  mengatasi bahaya banjir bandang.

Menurut Mantiri,  masyarakat yang tinggal di daerah berbahaya  atau rawan longsor agar menetap di posko karena menurut data baru BNPB pusat,  curah hujan dengan intensitas tinggi masih akan mengguyur kota Bitung hingga bulan Juni sampai Juli 2017.

“Kepada wartawan agar dapat memberikan informasi yang terbaru dan tervalidasi serta  akurat  kepada masyarakat,  karena informasi sangat penting bagi masyarakat,” pinta  Mantiri.

Ditempat  yang sama, Dandim Kota Bitung, Deden Hendayana mengatakan,  menambahkan, masyarakat di daerah-daerah yang terkena bencana banjir dan tanah longsor sangat membutuhkan tenaga fisik serta bantuan alat berat untuk memperbaiki keadaan lingkungan sekitar dan rumah bangunan masyarakat yang terkena bencana banjir bandang.

Musibah banjir bandang Kota Bitung, menurut Deden,  sebanyak  1853 anggota TNI dibawah Kodim Bitung, ASN dan THL dikerahkan melaksanakan bakti sosial untuk meringankan beban bagi  masyarakat yang mengalami bencana.

Turut hadir pada acara tersebut, juga Kepala Dinas Kesehatan kota Bitung  Dr. Franky Sorito,  Kepala Dinas Perhubungan kota Bitung Vicky Sangkay, serta Bitung Jurnalis Club (BJC).

(risma tofan)