oleh

Usulkan Remisi Natal 97 Orang, Simbolon: Pastikan 2 Bebas Murni

Amurang, Fajarmanado.com – Dalam rangka hari keagamaan Natal danTahun Baru 2017, Kementerian Hukum dan HAM RI selalu mengusulkan remisi bagi warga binaan. Rumah Tahanan Cabang Amurang pun mengusulkan sekitar 97 orang untuk mendapatkan remisi Natal danTahun Baru 2017.

‘’Ya benar, khusus Rutan Cabang Amurang, dalam rangka Natal danTahun Baru 2017 mengusulkan sekitar 97 orang (warga binaan) untuk mendapatkan remisi,” kata Kepala Rutan Cabang Amurang Marulye Simbolon, SH, MH kepada Fajarmanado.com di ruang kerjanya, baru- baru.

Usulan tersebut, katanya, dikirim melalui Kantor Wilayah Kemenkum dan HAM Provinsi Sulut di Manado. “Sekitar tanggal 23 Desember 2016 nanti, informasi berapa banyak yang mendapat remisi akan diketahui,’’ ungkapnya.

Meski begitu, Simbolon emastikan dari 97 orang warga binaan Rutan Amurang, ada 2 warga binaan yang segera bebas murni. Hanya saja, siapa mereka Simbolon belum bisa mendahului.

‘’Tetapi, anda pasti akan disampaikan secara terbuka saat SK remisi turun sekitar tanggal 23 Desember 2016. Tapi daftar nama yang mendapat remisi itu nanti akan diumumkan secara luas tanggal 25 Desember 2016,’’ jelas Simbolon.

Menurutnya, pengusulan remisi diklasifikasikan dalam lima kelompok, yakni satu sampai empat bulan dan bebas murni berdasarkan masa tahanan dan sikap atau prilaku para warga binaan selama masa pembinaan dalam Rutan.

Kendati demikian, ketika didesak, Simbolon mengungkapkan kemungkinan  ada dua warga binaan yang akan bebas bersyarat pada 29 Desember mendatang sehingga bisa pulang dan berbaur dengan keluarga.

“Tapi kita lihat saja nanti. Sebab, pembacaan remisi dalam rangka Natal danTahun Baru akan dilaksanakan melalui upacara resmi,’’ ungkap pria yang akrab dengan warga binaan dan pers.

(andries)

News Feed