Cegah Traficking, Kapolres Ingatkan Ini

Tondano, Fajarmanado.com – Kapolres Minahasa AKBP Syamsubair,SIK mengingatkan orang tua untuk serius dan tak pernah jenuh mengawasi anak-anak, terutama anak gadis.

“Peran orang tua sangat penting agar anak tidak terjerembab dalam pergaulan bebas,” kata Kapolres Minahasa AKBP Syamsur Bair, SIK di Tondano, Selasa (18/10).

Kapolres menyatakan,  orang tua sangat berperan penting terhadap pengawasan anak-anak, termasuk anak usia remaja.

Peran orang tua sangat penting dalam mengawasi, menjaga serta membimbing mereka ke hal-hal yang lebih baik agar supaya mereka tidak terjerat pada pergaulan bebas, seks bebas maupun human traficking.

“Tanggung jawab orang tua sangat dibutuhkan untuk menjaga dan membimbing mereka agar tidak salah bergaul, lebih khusus bagi anak-anak yang masih dibawah umur,” tegasnya.

Kapolres berharap kepada anak-anak perempuan yang masih di bawah umur atau remaja kiranya tidak terpengaruh dengan iming-iming akan diberikan pekerjaan dengan gaji yang tinggi.

Tawaran gaji yang tidak masuk akal, yang jauh lebih tinggi dengan gaji rata-rata sesuai skill atau tanpa skill harus dicurigai sebagai upaya untuk membujuk gadis-gadis remaja agar terjebak dalam praktik perdagangan manusia.

“Jadi kerja keras orang tua yang mempunyai anak perempuan, jangan sampai anak terjun ke hal-hal demikian,’ kata mantan penyidik Maber Polri ini.

Begitu juga kepada orang tua yang memiliki anak laki-laki di bawah umur, lanjut Kapolres, jangan sekali-kali dibiarkan bergaul secara bebas, sehingga dengan muda dapat dipengaruhi oleh orang lain untuk melakukan tindak pidana.

“Untuk itu peran orang tua sangatlah penting dalam mengawasi dan membimbing anak-anaknya. Program Minahasa tertib, aman dan nyaman kiranya dapat ditunjang  oleh seluruh stakehokder masyarakat demi terwujudnya Visit Wisata Minahasa tahun 2017,” pintanya.

(den)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *