oleh

Polda Sulut ‘Sikat’ Mikro Kaca Gelap dan Parkir Liar

Manado, Fajarmanado.com – Jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Utara (Sulut) kembali giat melakukan operasi di jalan raya. Operasi terpadu yang digelar pekan lalu, cipta kondisi dan  operasi penertiban lalu lintas ini, berhasil menjaring sejumlah kendaraan dan warga mabuk.

Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Marjuki mengatakan untuk operasi lalu lintas, Polresta Manado kembali menertibkan parkir liar dan mikrolet yang tidak standar di sepanjang jalan utama Kota Manado.

“Ban kendaraan yang parkir sembarangan langsung dikempiskan,” katanya kepada wartawan, Minggu (28/8).

Tim Zebra Polresta Manado patroli menggunakan mobil operasi mengelilingi jalan-jalan utama dalam kota.. Raungan sireine berbunyi ketika polisi menemukan ada kendaraan yang parkir sembarangan di jalan.

Sopir yang mendengarnya langsung mengambil langkah seribu. “Parkir dan berhenti sembarangan seperti inilah yang membuat jalan macet, sehingga harus ditertibkan,” ujarnya.

Di sepanjang jalan Piere Tendean, yang lebih dikenal jalan Boulevard Manado, pusat kota dan sekitaran sero point,  sopir  angkot Mikrolet terkesan tidak tertib, saling menyalip berebut calon penumpang. Arus lalulintas pun kerap macet sehingga membuat sibuk polisi mengatur arus lalulintas.

Dalam operasi kali ini, lanjut Marjuki, polisi juga menjadikan angkot yang tidak menggunakan lampu standard dan kaca gelap sebagai target. Mobil yang menggunakan lampu variasi menyilaukan pengguna jalan lain,sehingga diberi peringatan keras.

“Peringatan keras juga diberikan kepada angkot umum yang menggunakan kaca  gelap dan memutar tape dengan keras,” tukasnya.

Bersamaan dengan itu, Tim Sabhara Polda Sulut berhasil mengamankan para pemuda mabuk dalam operasi cipta kondisi yang digelar Sabtu pekan lalu. Semua lokasi rawan gangguan Kamtibmas disisir.

“Kami berhasil mengamankan sejumlah barang bukti, seperti miras. Karena itu, Polda Sulut akan terus menggiatkan operasi untuk membasmi penyakit masyarakat seperti ini,” pungkasnya.

(*/ely)

News Feed