oleh

Polda Sulut Kerahkan 3.571 Personil Amankan 3.444 TPS

MANADO, FAJARMANADP.com — Kapolda Sulut, Brigjen Pol. Wilmar Marpang bertekad menciptakan Pilkada yang aman dan nyaman di daerah ini. Untuk itulah, 3.571 personil polisi telah disiapkan mengamankan langsung 3.444 TPS yang tersebar di 15 kabupaten dan kota.

“Kita sudah siapkan, bahkan sebagai di antara mereka sudah mulai bertugas mengamankan surat suara,” katanya kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (26/11/2015)

Untuk mendukung tugas 3.571 personil polisi tersebut,  sebanyak 9.080 tenaga Linmas juga dikerahkan mendampingi pengamanan TPS, PPS, PPK sampai di KPU kabupaten/kota dan KPU provinsi.

“Ke 3571 personil tersebut tidak dibagi secara merata di 3.444 TPS. Ada tiga kategori keamanan yang telah dipetakan. Mulai aman, rawan satu dan rawan dua,” ungkapnya.

TPS rawan satu melibatkan 7. 881 personil polisi dan Limas. Apabila situasi di lapangan terjadi hal yang tidak diinginkan, pengamanan akan ditambah dengan personil patroli seperti Brimob.

“Untuk kategori aman, tiga TPS dijaga dua personil polisi, dibantu enam Linmas, rawan satu, dua TPS dijaga dua polisi dibantu empat Linmas, sedangkan rawan dua, satu TPS dijaga dua personil polisi dibantua empat linmas,” jelas Marpaung.

Dengan strategi keamanan seperti ini, lanjut dia, kemungkinan gangguan Kamtibmas akan bisa dicegah dan diatasi. “Tapi yang terpenting, saya berharap semua masyarakat dapat bersama-sama membantu menjaga Kamtibmas,” ujar Kapolda.

(corr)

News Feed