oleh

Eman Berpuisi di Hari Guru

TOMOHON, FAJARMANADO.com — Wali Kota Tomohon, Jimmy Feldie Eman, SE.Ak mewarnai upacara pada Peringatan Hari Guru Nasional Kota Tomohon dengan membawakan puisi guru. Dengan intonasi kata dipadu dengan gerak yang terkesan menjiwai makna bait-bait puisi itu, membuat para peserta upacara berdecak kagum.

Mengenakan kemeja putih lengan panjang dipadu celana panjang hitam, Eman juga  membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI.

 Peringatan Hari Guru Nasional tahun 2015, katanya, memiliki makna penting karena pemerintah secara sungguh-sungguh berupaya menghadirkan guru profesional dengan meningkatkan kualifikasi, kompetensi, kesejahteraan dan perlindungan bagi para guru.

“Peringatan Hari Guru ini adalah saat yang tepat bagi kita untuk melakukan refleksi atas perjalanan historis profesi guru dalam berbagai pasang surut kehidupan bangsa. Pemerintah tidak pernah berhenti berupaya meningkatkan profesionalisme guru dan kesejahteraan guru karena guru sebagai agen pembelajaran diharapkan memiliki empat kompetensi yakni Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Sosial, Kompetensi Kepribadian dan Kompetensi Profesional,” kata Walikota.

Selain puisi Eman untuk guru, peringatan Hari Guru Kota Tomohon juga diwarnai denganpenyerahan Piagam Penghargaan bagi para guru yang berjasa, undian Bank SulutGo dan  penyerahan bantuan  sepatu sekolah dari Alfamart kepada Siwa SD, SMP dan SMA/SMK serta penyerahan bunga kepada salah seorang mantan guru.

Selain itu, juga  dimeriahkan dengan pagelaran Seni Kreativitas Siswa Kota Tomohon yang bertajuk Guruku Pahlawanku serta Dialog Interaktif Siswa Pemenang Lomba Debat Bahasa Inggris se-Provinsi Sulawesi Utara dengan Walikota Tomohon, Marching Band, Dance Massal dan Tarian Katrili yang diikuti oleh pejabat, guru dan siswa yang hadir.

Kepala Dinas Pendidikan Daerah Kota Tomohon Gerardus Mogi mengatakan, peringatan Hari Guru Nasional ini kita jadikan momentum untuk menjadikan pendidikan sebagai pilar utama dalam mencapai kemajuan dan kejayaan bangsa, dimana guru memegang peranan terpenting didalamnya.

“Tujuan ini dapat dicapai melalui perjuangan Bapak/Ibu Guru sekalian dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas,” kata Mogi.

Digelar di halaman Kantor Walikota Tomohon, Upacara Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2015 ini dihadiri oleh Wakapolres Tomohon Kompol Alkat Karouw, Pimpinan Bank SulutGo Cabang Tomohon Mareyke Togas, Branch Manager PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Edwardo Sagita, Jajaran pemerintah kota, para Kepala Sekolah dan guru-guru, serta siswa se Kota Tomohon. 

(heru)

News Feed