oleh

Infeksi Cacing Gelang Bisa Tingkatkan Kesuburan Wanita

Jakarta, fajarmanado.com — Studi pada 986 wanita daerah asli di Bolivia menunjukkan bahwa infeksi seumur hidup oleh cacing gelang, Ascaris lumbricoides, ternyata dapat berujung pada ekstra dua anak.

Dalam laporan di jurnal Science, peneliti dari University of California Santa Barara mengatakan hal ini terjadi karena cacing bisa memengaruhi imunitas tubuh wanita inangnya,membuat jadi mudah hamil. Oleh karena itu temuan ini disebut peneliti bisa jadi petunjuk awal obat fertilitas baru.

Namun demikian bila cacing gelang mampu membuat seorang wanita bisa punya banyak anak, efek sebaliknya ditemukan juga bila yang menginfeksi adalah jenis cacing tambang. Rata-rata wanita yang memiliki infeksi cacing tambang, anak yang bisa dimilikinya berkurang tiga sepanjang hidup.

Profesor Aaron Blackwell yang terlibat dalam studi mengatakan efek cacing-cacing tersebut bisa sampai memengaruhi fertilitas sebetulnya adalah pencapaian yang luar biasa.

“Jadi kita berpikir efek yang kita lihat ini adalah akibat dari si cacing mengubah imunitas tubuh wanita. Apakah tubuh jadi lebih bersahabat atau malah memusuhi kehamilan,” papar Blackwell seperti dikutip dari BBC pada Jumat (20/11/2015).

Ada potensi cacing dipakai untuk pengobatan terhadap masalah kesuburan, namun ahli mengingatkan hal ini masih harus diteliti lebih seksama karena biar bagaimana juga cacing tersebut adalah parasit yang bisa membawa penyakit.

“Saya tak ingin mengatakan kepada wanita silahkan saja mencoba menginfeksi diri dengan cacing gelang untuk tingkatkan kesuburan. Studi lebih lanjut dari imunologi wanita yang sudah memiliki parasit ini dapat berujung ditemukannya obat baru yang meningkatkan kesuburan,” kata ahli kesuburan University of Sheffield, Profesor Allan Pacey, berkomentar.

(dtc/heru)

News Feed