oleh

Ompi : Jadi Ujung Tombak, Pelayanan Puskesmas Perlu di Tingkatkan

RATAHAN,FAJARMANADO.com – Seluruh tenaga medis di tingkatan pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) seharusnya lebih di tingkatkan pelayanan terhadap masyarakat.Langkah ini dirasakan perlu  mengingat keberadaan puskesmas sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan yang ada di setiap kecamatan.Demikian disampaikan oleh Anggota Komisi B,Dewan perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Minahasa Tenggara  Vocke Ompi  kepada media ini.

“Sebagai Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 416 Tahun 2011 yang menegaskan tentang fungsi strategis puskesmas sebagai pemberi layanan kesehatan tingkat pertama.Untuk itu seluruh Puskemas wajib menunjukkan kompetensi pelayanan yang benar benar prima kepada masyarakat,”tandas Ketua Komisi Pria Kaum Jemaat Piniel Liwutung wilayah Pasan ini.

Tentunya upaya peningkatan pelayanan kesehatan,menurutnya perlu didukung oleh sikap dan mental segenap tenaga medis yang ada.Apabila peran mereka kurang maksimal,maka dipastikan dapat menimbulkan berbagai keluhan para pasien. “Tunjukkan kinerja sebaik mungkin.Yang perlu diingat,tugas mendasar tenaga medis adalah melayani masyarakat,”tukas dia.

Bahkan dirinya menjamin,seiring berjalannya waktu,DPRD selaku mitra kerja pemerintah daerah beefungsi sebagai pegawas akan senantiasa mengawasi secara komperhensif terhadap seluruh tugas dan tanggungjawab pelayanan kesehatan yang dijalankan.”Bukan itu saja, sebaiknya pelayanan di Rumah Sakit,sudah ditegaskan pula agar berbenah untuk menghasilkan kerja prima dan memuaskan.Selain itu menjamin berbagai kebutuhan mendasar untuk menunjang terlaksananya pelayanan kesehatan yang prima di setiap tingkatan akan diperhatikan para wakil rakyat,” ujarnya.

Lebih lanjut vocke menambahkan khusus untuk puskesmas yang ada di Kecamatan pasan, pelayanan yang sudah sangat baik tetapi terkendala dengan tidak mempunyai Genset.Untuk itu butuh perhatian dari dinas kesehatan mitra.

Vidy Ngantung Ketua LSM Gema Mitra
Vidy Ngantung Ketua LSM Gema Mitra

Pernyataan tersebut mendapat dukungan dari Ketua LSM Gema Mitra Vidy Ngatung,Ngantng menuturkan pelayanan kesehatan harus lebih ditingkatkan dan dimaksimalkan.”Pelayanan kesehatan ini sangat penting,karena misalnya ada perawat atau dokter yang salah dalam menanggani masyarakat itu sangat fatal.Apalagi di Kabupaten Mitra seperti ini benar benar membutuhkan pelayanan yang maksimal,jadi tentunya masyarakat menginginkan pelayanan yang terbaik,”pungkasnya.

(DidiGara)

News Feed