oleh

BKP Tomohon Gelar Lomba Cipta Menu Berbasis Pangan Lokal

TOMOHON, FAJARMANADO.com—Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kota Tomohon menggelar Lomba Cipta Menu Berbasis Pangan Lokal dan Penyuluhan Sumber Pangan Alternatif di kantornya, Rabu (11/11/2015).

Lomba tingkat Kota Tomohon tersebut diikuti oleh Ibu-ibu PKK perutusandan juara lomba yang sama antarkelurahan di masing-masing kecamatan. Mereka, adalah, Kelurahan Kolongan Satu mewakili Kecamatan Tomohon Tengah, Kelurahan Tinoor Satu Kecamatan Tomohon Utara, Kelurahan Pinaras Kecamatan Tomohon Selatan, dan Kelurahan Rurukan sebagai juara tingkat Kecamatan Tomohon Timur.

Sementara tim penilai lomba terdiri dari, Badan Ketahanan Pangan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Tim Penggerak PKK Kota Tomohon, Dinas Kesehatan dan Sosial Kota Tomohon, serta SMK Santa Familia Tomohon. Pemenang pertamanya, nantinya akan diutus mengikuti Lomba tingkat Provinsi.

Kepala BKP Kota Tomohon, Vonny Pontoh, mengatakan, tujuan dari Lomba Cipta Menu Berbasis Pangan Lokal ini untuk meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan lokal.

“Selain itu untuk meningkatkan kualitas hidup, mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat pada umumnya dan ibu rumah tangga, khususnya dalam memilih, menentukan, menyusun dan menciptakan menu makanan pangan lokal berbasis sumber daya lokal dari Kota Tomohon,” kata Pontoh.

Selain itu, lanjutnya, lomba ini sekaligus untuk membangkitkan kepedulian masyarakat dan bersama-sama membangun mengonsumsi aneka menu makanan pangan lokal khas daerah sesuai prinsip B2SA. “Melalui program ini, bagaimana kita memanfaatkan hasil pekarangan menjadi produk pangan unggulan demi mengangkat citra makanan lokal sebagai khas daerah, sekaligus perekonomian masyarakat.” Jelas wanita familiar ini. (dm/heru)

News Feed