Mitra Masih Berkutat Susun LPJ Tahap 1, Daerah Lain sudah cair Tahap 2

RATAHAN,FAJARMANADO. com – Penyaluran dana desa tahap 2 untuk 135 desa di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) sepertinya akan mengalami keterlambatan sebagaimana di alami pada penyaluran tahap 1 lalu.Pasalnya, hingga akan memasuki pekan ketiga oktober ini,pemerintah desa masih berkutat pada penyusun laporan pertanggungjawaban (LPJ) pemanfaatan dana desa tahap 1.

Sampai sejauh ini, belum semua Desa mengajukan pencairan dana desa tahap 2.padahal,anggaran untuk dana desa tahap 2 sudah lama ada di kas daerah.Ironinys di beberapa daerah lain,hampir semua sudah menerima dana desa tahap 2.
“Syarat utama untuk penyaluran dana desa tahap 2 adalah LPJ pemanfaatan dana desa tahap 1.Dan ini yang dimintakan intansi keuangan dalam hal ini Badan Pengelola Keuangan dan Barang Milik Daerah(BPKBMD) karena mereka yang berkewenangan mencairkan dana desa tersebut.”Kata Hukum Tua Desa Wioy Timur(Nazaret) Kecamatan Ratahan Timur,Adri Goni Dalam wawacara dengan media ini jumat (6/11) kemarin.
Ditanya apa kendala yang dihadapi dalam menyelesaikan pekerjaan untuk pemanfaatan dana desa di desa Wioy timur (Nazaret) di tahap 1,”Kendala yang dihadapi adalah terlambat masuknya material ke lokasi ini sebabkan karna ruas jalan menuju lokasi desa wioy timur ini sedang ada pengaspalan.”ujar mantan sekretaris Pengurus Anak Cabang (PAC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuang Ratahan ini.

(DidiGara)