oleh

Siap Mekar, GMIM Sion Noongan Bangun Gereja Baru Bernilai Rp.2 M

LANGOWAN, FAJARMANADO.com—Bupati Minahasa Drs Jantje Sajouw, MSi dan Sekretaris Umum Badan Pekerja Majelis Sinode (BPMS) GMIM Pdt Hendry Runtuwene STh, MSi, meletakkan batu pertama pembangunan gereja baru, sebagai persiapan pemekaran jemaat GMIM Sion Noongan, Wilayah Langowan Kelelondei, pada Sabtu (3/10/ 2015) di Desa Noongan Dua, Kecamatan Langowan Barat. 

Acara peletakan batu pertama itu dilaksanakan melalui ibadah yang dipimpin Sekum BPMS Pdt Hendry Runtuwene, sekaligus memperingati Hari Reformasi Gereja yang juga merupakan Hari Alkitab.

Sekretaris Panitia Pembangunan Gereja Baru Pnt Jeffry Th. Pay, SSos, dalam laporannya mengungkapkan, pembangunan gereja baru tersebut akan menelan biaya Rp 2 miliar lebih. Direncanakan dalam waktu dua tahun, gereja tersebut sudah dapat digunakan.

JEFRY PAY

Bupati Minahasa dalam sambutan menyatakan, pemerintah menyambut baik pembangunan gereja baru itu untuk persiapan pemekaran jemaat, yang merupakan wujud kemajuan jemaat GMIM Sion Noongan, setelah sebelumnya telah berhasil dimekarkan dengan berdirinya jemaat GMIM Zaitun Noongan.

Dalam kesempatan tersebut Bupati memberikan sumbangan sebesar Rp 50 juta untuk pembangunan fisik gereja baru dan Rp 10 juta untuk persembahan pelayanan gereja. Selain itu Bupati juga berjanji akan segera membangun jalan lingkar Noongan-Kaayuran-Winebetan yang melalui lokasi pembangunan gereja baru tersebut.

Ia juga mengimbau agar gereja, khususnya GMIM tidak lagi mencari dana pembanguna gereja dengan cara meminta-minta di jalanan umum melalui kantin pembangunan. “Gereja harus malu kalau meminta-minta sumbangan di jalan,” tegasnya.

Hal senada juga disampaikan Sekum BPMS Pdt Runtuwene, bahwa GMIM dalam sidang Sinode baru-baru-baru ini telah memutuskan melarang jemaat-jemaat mencari dana dengan cara meminta-minta sumbangan di jalanan umum.

Ketua Jemaat GMIM Sion Noongan Pdt Verry Langelo STh menyampaikan terima kasih kepada Bupati, Sekum BPMS, dan para undangan yang telah menghadiri acara tersebut.

Turut memberikan sambutan, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulut dr Jemmy Lampus, yang juga putra Noongan. Panitia Pembangunan Gereja Baru telah menerima sejumlah sumbangan berupa uang dan material, seperti semen, batu dan pasir. Acara diakhiri dengan ramah tamah yang digelar melalui tenda-tenda dari kolom 1 sampai 17. (jefry pay)

News Feed