oleh

Peralihan Musim, Humiang Himbau Warga Waspada

BITUNG, FAJARMANADO.com—Musim kemarau panjang nampaknya segera berakhir di Provinsi Sulawesi Utara. Menghadapi peralihan musim ini harus diwaspadai bersama. Selain rentan rehadap serangan penyakit, musim pancaroba seperti ini, masyarakat dan jajaran pemerintah harus mewaspadai juga kemungkinan bencana longsor.  

Sekretaris Kota Bitung, Drs Edison Humiang,M.Si, mengatakan, musim pancaroba indetik dengan munculnya berbagai jenis penyakit yang diakibatkan dengan adanya perubahan udara dan temperatur sehingga berpengaruh pada kesehatan dalam tubuh. Adapun penyakit akibat pancaroba, antara lain,  gangguan kesehatan seperti flu, batuk, pilek, demam, gangguan saluran napas, masuk angin, influenza, gangguan pencernaan seperti diare, dan tifus abdominalis,’’ katanya kepada wartawan di Bitung, Senin (2/11/2015).

Mengantisipasi datangnya penyakit tersebut, tegasnya, pihak Dinas Kesehatan dan instansi terkait lainnya diinstruksikan agar segera melakukan antisipasi lewat pelayanan pengobatan terhadap masyarakat. Selain itu, aparat kecamatan diminta melakukan pembersihan drainase bahkan gorong-gorong. Sementara Badan Lingkungan Hidup (BLH), dimintanya spaya segera melakukan reboisasi terhadap hutan pasca musibah kebakaran.

Kewaspadaan masyarakat terhadap musim hujan nanti sangat berguna untuk menghindari dampak terjadinya banjir dan tanah longsor. “Makanya, saya mengajak peranserta semua pihak dan bersama masyarakat agar melakukan pencegahan virus penyakit  dan kemungkinan ancaman banjir serta longsor saat musim hujan dengan melakukan antisipasi sejak dini. Kuncinya, kita semua harus selalu peduli terhadap lingkungan sekitar dan alam,” pungkasnya.

(katerina mailoa)

News Feed