oleh

Dispar Minut Gelar Pelatihan Kebersihan, Sanitasi dan Pengolahan Sampah di Destinasi Wisata

Dinas Pariwisata (Disbudpar) kabupaten Minahasa Utara (Minut) menggelar pelatihan bagi pelaku pariwisata terkait kebersihan lingkungan,sanitasi dan pengelolaan sampah. Kegiatan yang digelar selama 2 hari di Hotel Sutan Raja 27-29 Juli ini melibatkan pelaku usaha di Minut.

Kepala dinas Pariwisata Audy Sambul mengatakan, pelaksanaan sosialisasi ini melibatkan 40 pelaku usaha dari desa Tiwoho, Kema, Tumaluntung, Sawangan, Talawaan, Sarawet, Budo, Bahoi, Palaes, Serei, Gangga Satu, Wineru, Kalinaun, Kinunang dan Marinsow.

“Pelatihan bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pelaku usaha pariwisata di desa terkait pengelolaan destinasi wisata yang bersih, sanitasinya baik serta cara mengelola sampah guna memberikan kenyamanan kepada wisatawan sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat dari sektor pariwisata, terlebih Likupang masuk Destinasi Pariwisata Super Perioritas (DPSP).”kata Audy Sambul.

Audy Sambul mengatakan, wawasan tentang kebersihan ini sangatlah penting, karena tempat wisata selayaknya harus bersih sehingga dapat memberikan kenyamanan bagi pengunjung. Lebih baik lagi kalau sampah yang ada dapat dikelola dengan baik, seperti sampah plastik yang bisa dibuat kerajinan seperti tas, tempat tisu, dan sebagainya.

“Melalui pelatihan diharapkan dapat meningkatkan kapasitas SDM para pelaku usaha pariwisata sehingga terwujud pelayanan yang baik dalam industri pariwisata di Minahasa Utara.

Hadir sebagai narasumber, Prof.Dr.Beth Lagarense perwakilan Politeknik Negeri Manado, Tonny Kurtis ,S.Pd,M.Kes perwakilan Poltekes Manado, Marlon Kamagi SE,M.Si perwakilan Aktivis Lingkungan/Pengelolaan Sampah dan Judith Rondonuwu,S.Sos,MM perwakilan KPA Likupang/ Bank Sampah Likupang.(Joel)