Senator SBANL Apresiasi ROR-RD Sukses Gelar Pilhut 98 Desa di Minahasa

Tondano, Fajarmanado.com — Anggota DPD RI/MPR RI Ir. Stefanus B.A.N mengapresiasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa di bawah kepemimpinam Bupati Dr. Ir. Royke Octavian Roring, MSi, IPU M.Eng dan Wakil Bupati  Dr (HC) Dondokambey, MSi (ROR-RD) memanej  sukses pelaksanaan Pemilihan Hukum Tua (Pilhut) serentak 98 desa pada 31Mei lalu.

“Saya patut memberikan apresasi karena Pilhut 98 desa di Minahasa akhir Mei lalu berjalan demoktratis dan aman,” kata Senator SBANL kepada Fajarmanado.com, Rabu (22/6/2022).

Berbicara melalui sambungan telepon, Stefa Liow, sapaan karib pria familiar yang juga Pimpinan Panitia Urusan Rumah Tangga (PURT) DPD RI ini, juga menyatakan patut memberikan apresiasi kepada semua stakeholder terkait, termasuk pihak aparat keamanan, tokoh-tokoh masyarakat dan agama, insan pers dan panitia pemilihan.

“Dan tentunya yang terdepan adalah kefiguran para kontestan calon hukum tua bersama tim sukses dan para pendukung. Ya, amat terlebih seluruh elemen masyarakat yang senantiasa mengedepankan persatuan dan kesatuan bersama,” ujar Senator Dapil Sulawesi Utara ini.

Menurut Senator Stefanus Liow, kalaupun sempat ada riak-riak kecil, itulah dinamika demokrasi dan semuanya harus bersatu untuk kemajuan desa yang tercinta.

“Dalam kehidupan keluarga yang terdiri dari beberapa orang saja ada pergumulan, apalagi dalam kemasyarakatan dengan berbagai perbedaan latar belakang status sosial, pasti akan ada saja riak-riak. Begitu pun Pilhut,” paparnya.

Meski begitu, Senator SBANL menyatakan bangga karena semua pesoalan yang kemungkinan sempat muncul dapat terselesailkan dengan kedewasaan berdemokrasi masyarakat Minahasa sejak dulukala.

“Selamat bagi yang terpilih dan bagi yang belum terpilih bahwa sesungguhnya rencana Tuhan indah pada waktunya. Saatnya menunggu waktu pelantikan dan dijadikan momentum untuk hidup bersama dan bersama hidup untuk kemajuan desa yang lebih baik lagi,” paparnya.

Senator Stefa Liow yang juga Pimpinan Kelompok DPD RI di MPR RI dan Koordinator Tim Penyusunan Renstra DPD RI Periode 2019-2024, mengharapkan agar kesuksesan Pilhut di Kabupaten Minahasa menjadi motivasi tersendiri untuk kabupaten lainnya di Sulut untuk melaksanakan Pemilihan Hukum Tua, seperti di Kabupaten Minahasa Selatan dan Kabupaten Minahasa Utara.

(*/maxi heru)