oleh

Cegah Stunting, Pemdes Sonsilo Bagikan PMT untuk Balita, Bumil dan Menyusui

Likbar,Fajarmanado.com – Pemerintah desa Sonsilo Kecamatan Likupang Barat membagikan makanan tambahan untuk Balita, Ibu Hamil (Bumil) dan ibu menyusui. Hukum Tua desa Sonsilo Gerson Makikama mengatakan,  Pemberian Makanan Tambahan (PMT) ini merupakan program pemerintah guna mencukupi kebutuhan gizi dalam upaya mencegah stunting.

Gerson Makikama yang didampingi Sekdes Ririn Manusu dan Kaur Keuangan Rivo Tahulending mengatakan, pemberian makanan Tambahan yang bersumber dari dana desa ini merupakan salah satu program wajib yang harus dilaksanakan pemerintah desa dalam upaya mencegah gagal tumbuh anak akibat kekurangan gizi.

“Untuk pemberian makanan tambahan kali ini, anak usia 0 – 23 bulan dan ibu menyusui sebanyak 18 orang dan anak usia 2 – 6 tahun berjumlah 66 orang atau total keseluruhan sebanyak 84 orang. Karena desa kami tidak lagi masuk Lokus stunting maka makanan yang diberikan berupa nasi, daging sayur, buah dan susu.”terang Makikama.

Sementara Sekdes Ririn Manusu menambahkan, pemberian makanan tambahan ini sangat penting bagi Balita, ibu hami dan menyusui karena dimasa pandemi covid 19 ini perekonomian tergolong sulit sehingga pemerintah harus hadir untuk memberikan perhatian lebih kepada masyarakat, khususnya membantu dalam pemenuhan gizi sehingga kedepan, tidak akan ada lagi anak yang mengalami gizi buruk atau stunting.

“Kami akan terus berupaya memberikan perhatian lebih kepada Balita, Ibu Hamil dan Menyusui sebagai bentuk komitmen kami sebagai pemerintah desa. Melalui dana desa, anggaran yang dialokasikan untuk pemenuhan gizi yang diberikan secara bertahap ini, kami rasa cukup dan bisa mengakomodir warga desa Sonsilo yang memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan ini.”pungkasnya.(Joel)