oleh

Pemdes Buhias Salurkan BLT Kepada 80 KPM

Wori,Fajarmanado.com – Sebanyak 80 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Desa Buhias menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) 3 bulan sekaligus sebesar Rp. 900 ribu rupiah untuk bulan Januari, Februari dan Maret. Penyaluran yang dilaksanakan di Balai Desa Buhias, Jumat (8/4) ini, turut dihadiri Camat Wori Endru Palandung, Tenaga Ahli Kabupaten Gerni Maramis da Hukum Tua Buhias Yonas Beret.

Camat Wori Endru Palandung dalam sambutannya mengatakan, pemberian BLT ini bukan hadiah dari pemerintah pusat melalui dana desa, melainkan bentuk perhatian dan kepedulian pemerintah kepada masyarakat dimasa pandemi covid 19, untuk itu bantuan ini harus dimanfaatkan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan pokok keluarga.

“BLT Dibagikan karena adanya pandemi covid 19, untuk itu penerima manfaat harus terus patuhi protokol kesehatan dan vaksinasi agar virus ini bisa berakhir dan masyarakat bisa neraktifitas normal. Manfaatkan bantuan ini dengan baik untuk kebutuhan pokok agar dapur bisa mengepul. Belanjakan uang ini kebutuhan bukan untuk memenuhi keinginan.”terang Palandung.

Ia juga mehimbau kepada seluruh masyarakat desa Buhias untuk mendukung program pemerintah desa dinawah kepemimpinan hukum tua Yonas Beret. Sinergitas antara masyarakat dan pemerintah sangat penting guna mendorong laju pembangunan dan peningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Hukum Tua desa Buhias Yonas Beret pada kesempatan itu menyampaikan, tahun 2022 ini regulasi soal BLT mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya. Jika tahun 2021 lalu penerima BLT hanya 40 KPM, tahun ini mengalami penambahan menjadi 80 KPM karena mengikuti regulasi yang mewajibkan 40 persen dana desa dialokasikan untuk BLT.

“Jumlah dana yang disalurkan untuk pada dana desa tahap I ini berjumlah Rp. 72 juta rupiah untuk 80 KPM. Masing – masing KPM menerima dana Rp. 900 Ribu rupiah untuk bulan Januari, Februari dan Maret. Semoga bantuan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat penerima BLT.”ujar Yonas Beret.

Hadir dalam penyaluran tersebut, Ketua dan anggota BPD, Sekdes Yitlan Beret, kaur keuangan Malati Tumandunh, bersama seluruh perangkat desa.(Joel)