oleh

Sore Ini, Kapolri Listyo Sigit Pantau PTM dan Vaksinasi Corona di Ambon

Fajarmanado.com, Ambon — Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, MSi dijadwalkan tiba di Kota Ambon, Kamis (13/1/2022,) sore ini.

Di Ibu Kota Provinsi Maluku, Kapolri Listyo Sigit akan memantau secara langsung pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dan vaksinasi Corona atau covid 19.

“Bapak Kapolri akan tiba besok (hari ini) di Ambon untuk pemantauan pelaksanakan vaksinasi,” ungkap Kapolda Maluku, Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, SH, MHum, saat memberikan penekanan kepada jajarannya usai rapat awal tahun Polri yang dipimpin Kapolri secara virtual, Rabu (12/1/2022), tadi malam.

Setibanya di Kota Raja Raja ini, mantan Kabareskrim Polri itu rencananya akan langsung menuju SMP Negeri 6 untuk pengecekan Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

“Setelah itu bapak Kapolri akan lanjut melakukan pengecekan pelaksanaan vaksinasi di lapangan Merdeka Ambon,” kata Kapolda Lotharia Latif dari ruang rapat utama Mapolda Maluku.

Ia pun menegaskan supaya para Kapolres jajaran hadir karena setelahnya Kapolri akan memberikan arahan secara langsung maupun melalui video conference.

“Ada 4 Polres yang capaian (vaksinasi) rendah. Jika bapak Kapolri berkenan untuk komunikasi maka siapkan paparan,” pintanya.

Kapolda Lotharia mengaku optimis pencapaian vaksinasi covid19 di Provinsi Maluku dapat mencapai target nasional yaitu sebesar minimal 70 persen.

“Sejauh ini capaian 62,85 persen. Saya optimis Polda Maluku akan bisa mencapai target 70 persen. Makanya, Selalu tunjukan semangat kita dengan segala keterbatasan yang kita hadapi,” tuturnya.

Lotharia Latif, yang mantan Kapolda Nusa Tenggara Timur ini juga meminta jajaran untuk menindak lanjuti arahan Kapolri.

Kapolri sebelumnya dalam rapat awal tahun 2022 meminta jajaran Polda selain melaksanakan percepatan vaksinasi dan mengantisipasi varian baru omicron, juga diharapkan dapat mengevaluasi terkait program transformasi polri menuju Presisi.

“Ini merupakan tugas bagi seluruh jajaran untuk dapat membuat perubahan terhadap anggota sehingga transformasi yang ada ini terus meningkat sehingga tampilan polri menjadi terwujud,” pintanya.

Dengan memanfaatkan kalender kambtibmas yang dimiliki, Kapolri berharap jajarannya dapat mengambil langkah di lapangan. Hal itu membutuhkan data dan kemampuan yang melekat dalam setiap kemampuan anggota.

“Selalu kembangkan kepemimpinan yang melayani dan 3 kopentensi serta turun ke lapangan agar memahami kesulitan anggota maupun berbagai harapan masyarakat,” pintanya.

Untuk diketahui, dalam rapat awal tahun 2022 yang dipimpin Kapolri secara virtual, Kapolda Maluku turut didampingi Wakapolda Brigjen Pol Drs. Jan de Fretes, MM.,  Irwasda Maluku, Pejabat Utama Polda Maluku dan jajaran Kapolres.

Penulis: Katie Mailoa