oleh

Kodam XVI/Pattimura Sambut Mayjen TNI Richard Tampubolon

Ambon, Fajarmanado.com – Keluarga besar Kodam XVI/Pattimura menyambut kedatangan Mayjen TNI Richard Tampubolon sebagai Pangdam menggantikan Mayjen TNI Bambang Ismawan, SE, MM di Ambon, Rabu (5/1/2022).

Mayjen TNI Richard Tampubolon yang sah menerima jabatan Pangdam XVI/Pattimura  di Mabes TNI AD pada 29 Desember 2021 lalu, mengikuti rangkaian tradisi penerimaan Pangdam XVI/Pattimura bersama Ny Selly Tampubolon sebagai Ketua Persit KCK PD XVI/Pattimura dimulai dari bandara Pattimura Ambon.

Acara dilanjutkan dengan tradisi penerimaan Pangdam beserta Istri di Makodam oleh keluarga besar Kodam XVI/Pattimura mulai dari PJU, Seluruh Prajurit dan PNS Kodam XVI/Pattimura.

Meskipun sempat diguyur hujan, Kasdam XVI/Pattimura, Brigjen TNI Samuel Petrus Hehakaya, pada kesempatan itu mengalungkan selendang kain khas Maluku dan Wakil Ketua Persit KCK PD XVI/Pattimura, Ny. Diana Samuel P. Hehakaya memberikan hand bucket bunga cengkeh sebagai tanda selamat datang, yang kemudian diikuti penyambutan oleh seluruh pejabat Kodam beserta isteri di ruang Loby Makodam.

Kapendam XVI/Pattimura, Kolonel Arh Adi Prayogo Choirul Fajar mengatakan, beberapa rangkaian kegiatan dilaksanakan pada acara lepas sambut Pangdam XVI/Pattimura tersebut dimulai dari tradisi penerimaan Pangdam Baru, penyerahan risalah serah terima jabatan, pengukuhan Raksakarini Sri Sena XVI/Pattimura.

P uncak kegiatannya yaitu malam lepas-sambut Pangdam XVI/Pattimura yang diselenggarakan di Lapangan Tenis Indoor Tapal Kuda, Air Salobar, Kota Ambon.

Dalam kesempatan apel bersama, Mayjen TNI Bambang Ismawan mengucapkan terima atas dukungan dan kerjasama kepada seluruh warga Kodam XVI/Pattimura yang sangat berarti bagi dirinya selama menjabat.

Tak lupa ia menyampaikan pula permohonan maaf dan memohon doa restu untuk melaksanakan tugas di Satuan yang baru, Kodiklat TNI.

Pada saat yang sama Pangdam XVI/Pattimura yang baru menyampaikan sangat mengapresiasi keberhasilan Mayjen TNI Bambang Ismawan dalam memimpin Kodam XVI/Pattimura.

“Walaupun Pak Ismawan menjalankan tugas baru empat bulan, tapi berkat dukungan seluruh keluarga besar Kodam Patimura, waktu yang singkat itu membuahkan hasil sehingga Kodam Pattimura tetap eksis sampai saat ini demi menjaga keutuhan bangsa dan negara,” tandas Mayjen Tampubolon.

Mayjen TNI Richard Tampubolon merupakan perwira tinggi lulusan Akademi Militer tahun 1992 dan banyak berkecimpung di pasukan khusus baret merah, Kopassus. Sebelum menjadi Pangdam XVI/ Pattimura, beliau menjabat sebagai Dankoopssus TNI.

Seluruh rangkaian kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tertib serta mematuhi ketentuan protokol kesehatan.

Penulis: Katie Mailoa