oleh

Miris! Dua Eks Pejabat Tahan Kendis, Begini Sikap Pemkab Minahasa

Tondano, Fajarmanado.com – Kendati sudah berkali-kali minta dikembalikan, dua Eks Pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, Sulawesi Utara, ternyata belum juga mengembalikan kendaraan dinas (Kendis) yang dipinjampakai.

YK, mantan kepala dinas dan CR, eks pimpinan DPRD Minahasa dikabarkan belum juga mengembalikan Kendis aset Pemkab Minahasa itu.

Toleransi pengembalian Kendis dari dua pejabat yang sudah purna tugas ini, telah beberapa kali diberikan Pemkab Minahasa di bawah pimpinan Bupati Roy oktavian Roring dan Wakil Bupati Robby Dondokambey (ROR-RD).

Kepala BPKAD Minahasa, Joice Pua melalui Kabid Aset, Jeklin Rumbayan tak menampik kabar dan sikap yang memiriskan dari dua Eks pejabat Pemkab Minahasa tersebut.

Menurut dia, Kendis yang dipinjampakaikan pejabat ketika usai bertugas seyogianya harus dikembalikan ke pemerintah.

“Kami telah menyurat kepada mantan pejabat Minahasa tersebut supaya kendaraan yang mereka gunakan bisa dikembalikan. Bahkan, surat peringatan sudah beberapa kali dilayangkan, tapi sampai saat ini Kendis itu tak kunjung sampai (dikembalikan),” komentar Rumbayan kepada wartawan di Tondano, Kamis (5/8/2021).

Baca Juga :  Hukum Tua Desa Tombasian Atas Imbau Masyarakat, Pengucapan Syukur Sesuai Protap

Rumbayan membenarkan bahwa kendis yang dipinjampakaikan oleh mantan pejabat di salah satu OPD dan mantan pimpinan DPRD Minahasa belum juga dikembalilan.

Dengan demikian, bisa dipastikan akan menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI perwakilan Sulawesi Utara (Sulut).

“Sudah berulang kali kita menyurat kepada mantan Kepala Bappenda dan mantan pimpinan DPRD Minahasa supaya kendis yang mereka gunakan agar dikembalikan, tapi tak pernah digubris,” ujarnya.

Hal ini, lanjutnya, dikhawatirkan Pemkab Minahasa  akan terus menjadi temuan BPK setiap tahun.

“Dan penarikan kendaraan sudah menjadi program Pemantauan kontrol untuk Pencegahan Korsupgah KPK,” tandasnya.

Baca Juga :  Camat Kawangkoan, Eightmi: Ayo Vaksin dan Tak Jenuh Terapkan Protap

Sementara itu, ketua Aliansi Wartawan Minahasa (AWAM) Jeffry Uno angkat suara terkait kendis yang digunakan dua mantan pejabat tersebut.

Menurutnya, secara aturan mereka sudah tak menjabat atau pensiun dan bukan lagi anggota DPRD Minahasa.

“Jika sudah selesai menjalankan tugas, seharusnya kendis yang dipinjampakaikan segera dikembalikan,” paparnya.

Ia pun menilai Pemkab Minahasa harus bersikap tegas. Jika sudah menyurat secara resmi sampai tiga kali, Pemkab harus menugaskan Satpol PP untuk menjemput Kendis dimaksud.

Jika Pemkab tidak bersikap tegas sesuai aturan, dikuatirkan akan ada eks pejabat yang bersikap sama di masa datang.

“Namanya mereka yang tak lagi berhak atas aset pemda, bila perlu dibeberkan pula ke publik dan ditarikpaksa oleh Satpol PP didampingi personel polisi,” tegas Uno.

Penulis: Jefry Angelo

Editor : Maxi Heru

News Feed